Detail Cantuman Kembali
IRMAYASARI - Personal Name

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LABORATORIUM PEWARNAAN GRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN RETENSI SISWA KELAS X DI SAMARINDA.

Irmayasari, 2021 “Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Laboratorium Pewarnaan Gram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Siswa Kelas X di Samarinda” dibawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Makrina Tindangen, M.Pd dan Ibu Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku Pembimbing I dan Pembimbing II.
Pewarnaan gram merupakan salah satu kegiatan praktikum untuk siswa kelas X SMA, berdasarkan hasil observasi di SMAN 8, SMAN 17, dan SMA Wahidiyah Samarinda, didapatkan fakta selama ini siswa belum pernah melakukan kegiatan praktikum pewarnaan gram dilaboratorim, karena keterbatasan alat, bahan dan ruang laboratorium. Oleh karena itu, guru hanya menggunakan video sebagai media pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, serta menurunnya hasil belajar dan retensi siswa terhadap materi yang telah diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran virtual laboratorium dalam meningkatkan hasil belajar dan retensi siswa pada materi pewarnaan gram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media pembelajaran 95,6%, bahasa 96,4%, keterbacaan 92,8% dan petunjuk penggunaan aplikasi 100%. Kepraktisan media berdasarkan data angket guru adalah 91,6% dan dari angket siswa sebanyak 82,9%. Keefektifan media dari hasil belajar rata-rata siswa ketiga sekolah yang diteliti adalah 81,9 dan hasil daya retensi siswa sebesar 87. Berdasarkan hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap siswa dan guru Biologi di SMAN 8, SMAN 17 dan SMA Wahidiyah Samarinda dapat disimpulkan bahwa media virtual laboratorium pada materi pewarnaan gram dalam pembelajaran Biologi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LABORATORIUM PEWARNAAN GRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN RETENSI SISWA KELAS X DI SAMARINDA.
Pengarang IRMAYASARI - Personal Name
No. Panggil TESIS IRM p 2021
Subyek Virtual Laboratorium, Pewarnaan Gram,
Hasil belajar dan Retensi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua