Detail Cantuman Kembali
Yuli Adriani - Personal Name

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Neraca Transaksi Berjalan di Indonesia

Yuli Adriani, 2021. “Faktor- faktor yang Mempengaruhi Neraca Transaksi Berjalan di Indonesia” yang dibimbing oleh Dr. Muhammad Awaluddin, S.E, M.Si.
Angka pada neraca transaksi berjalan menggambarkan keadaan perekonomian internasional suatu negara. Selain itu, mampu menunjukkan seberapa kuat suatu negara terhadap negara mitra dagangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi neraca transaksi berjalan di Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berdasarkan data runtun waktu triwulan periode 2011:Q1 -2019:Q4. Data tersebut bersumber dari Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Alat Analisis yang digunakan merupakan program komputer Econometric Views (EViews) versi 10 dengan Metode analisis Error Correction Model (ECM).
Berdasarkan hasil uji parsial (Uji-t) menunjukkan bahwa Inflasi dalam negeri berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap neraca transaksi berjalan pada jangka panjang dan pendek, sementara produk domestik bruto berpengaruh negatif signifikan terhadap neraca transaksi berjalan pada jangka panjang dan jangka pendek. Dalam jangka panjang nilai tukar dan inflasi Amerika Serikat berpengaruh positif signifikan terhadap neraca transaksi berjalan, sedangkan dalam jangka pendek nilai tukar berpengaruh positif namun tidak signifikan dan inflasi Amerika Serikat berpengaruh positif signifikan. Berdasarkan hasil uji simultan (Uji-F) menunjukkan bahwa inflasi dalam negeri, nilai tukar, produk domestik bruto dan inflasi Amerika Serikat secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap terhaap neraca transaksi berjalan di Indonesia.
Kata Kunci: Neraca Transaksi Berjalan, Inflasi Indonesia, Nilai Tukar, Produk Domestik Bruto, dan Inflasi Amerika Serikat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Neraca Transaksi Berjalan di Indonesia
Pengarang Yuli Adriani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUL f 2021
Subyek Neraca Transaksi Berjalan di Indonesia
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Ekonomi Pembangunan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua