Detail Cantuman Kembali
NURHAYATI - Personal Name

Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020.

Nurhayati. 2021. Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (1) Dr. H. PM. Labulan, M.Pd (II) Drs. Berahman, M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020.
Pelaksanaan penelitian ini pada bulan September 2019. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 4 SMA Negeri 5 Samarinda yang berjumlah 101 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan tahapan menyelesaikan masalah menurut Polya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa ukuran pemusatan data, ukuran penyebaran data, dan menentukan persentase tingkat kemampuan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata tingkat kemampuan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 tergolong kurang pada setiap tahapan menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel yaitu pada tahap memahami masalah sebesar 21,47%, pada tahap merencanakan penyelesaian masalah sebesar 42,16%, pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 48,05%, dan pada tahap melihat kembali (hanya menuliskan kesimpulan) sebesar 20,87%. Diantara empat tahapan menyelesaikan masalah, persentase tingkat kemampuan tertinggi terdapat pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 48,05%. Dari 101 siswa kelas X MIPA, tidak terdapat siswa dengan kategori kemampuan sangat baik, 3 siswa dengan kategori kemampuan baik, 6 siswa dengan kategori kemampuan cukup, dan 92 siswa dengan kategori kemampuan kurang. Rata-rata hasil tes kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel adalah 43,083 dan persentase rata-rata tingkat kemampuan sebesar 42,63%. Bersumber pada hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyelesaikan masalah sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020 tergolong kurang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020.
Pengarang NURHAYATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR k 2022
Subyek kemampuan, menyelesaikan masalah
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua