Detail Cantuman Kembali
NUR FATHAILLAH PAJRIN - Personal Name

Eksplorasi Konsep Geometri pada Sarung Samarinda.

Pajrin, Nur Fathaillah. 2021. Eksplorasi Konsep Geometri pada Sarung Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Dr. H. Haeruddin, M.Si dan (II) Dr. Sugeng, M.Pd
Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang memiliki banyak sekali cabang di dalamnya, seperti aljabar, statistik dan geometri. Matematika sering dianggap sulit oleh para siswa karena pendapat mereka bahwa matematika tidak memiliki keterkaitan secara lebih luas dengan kehidupan sehari-hari. Karena itulah pentingnya suatu pengaitan antara proses pembelajaran matematika dengan pendidikan yang berbasis kearifan lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika yang ditemukan pada sarung Samarinda berdasarkan aspek matematisnya. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah sarung samarinda, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah konsep matematika yang ada pada proses pembuatan dan motif sarung Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles and Huberman yang berisi Data collection, data reduction, display data, data conclusion.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya konsep matematika yang ditemukan pada motif sarung Samarinda berdasarkan aspek geometri seperti, adanya bangun datar, simetri lipat dan simetri putar, kekongruenan, translasi, reflesksi, rotasi dan dilatasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Eksplorasi Konsep Geometri pada Sarung Samarinda.
Pengarang NUR FATHAILLAH PAJRIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR e 2021
Subyek Konsep matematika, Sarung Samarinda
Aspek matematis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua