Detail Cantuman Kembali
SYARFUL ANAM - Personal Name

IDENTIFIKASI KEKERABATAN TANAMAN DURIAN (Durio zibethinus), LAI (Durio kutejensis), DAN LAI-DURIAN (Durio zibethinus x kutejensis) MENGGUNAKAN DNA BARCODING PADA GEN rbcL

ABSTRAK


SYARFUL ANAM. Identifikasi Kekerabatan Tanaman Durian (Durio zibethinus), Tanaman Lai (Durio kutejensis), dan Tanaman Lai-durian (Durio zibethinus × Durio kutejensis) Menggunakan DNA Barcoding pada gen rbcL .Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2021. (dibawah bimbingan Nurhasanah dan Widi Sunaryo).
Durian (Durio zibethinus), atau yang dikenal juga sebagai the king of fruit adalah buah tropis yang memiliki aroma dan rasa yang khas, buah ini menjadi salah satu buah khas dan sangat digemari oleh masyarakat di negara-negara Asia tenggara. Selain tanaman durian (Durio zibethinus) di Kalimantan juga terdapat dua jenis tanaman dari genus Durio yang telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat, mereka adalah tanaman lai (Durio kutejensis) dan tanaman lai-durian (Durio zibethinus x kutejensis). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan DNA barcoding menggunakan gen rbcL dalam melacak hubungan kekerabatan antara tanaman durian, lai, dan lai-durian, serta mengetahui hubungan kekerabatan antara durian, lai, dan lai-durian berdasarkan sekuens gen rbcL tersebut.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret hingga April lalu dilanjutkan kembali dari bulan Agustus hingga November 2021, di Laboratorium Bioteknologi dan Laboratorium Nutrisi dan Produksi Ternak, gedung OECF, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur. Penelitian dilakukan terhadap sepuluh varietas tanaman dari genus Durio spp yang terdiri dari empat spesies Durio zibethinus, tiga spesies Durio kutejensis dan tiga spesies Durio zibethinus x Durio kutejensis. Tahapan penelitian diawali dengan pengambilan sampel tanaman, isolasi DNA, amplifikasi gen rbcL, sekuensing, pembuatan konsensus, alignment/penjajaran sekuens lalu dilanjutkan dengan rekonstruksi pohon filogeni, untuk mengetahui hubungan kekerabatan antar tiap-tiap varietas dari hasil sekuens gen rbcL dengan software MEGA11.
Analisis kekerabatan menggunakan DNA barcoding merupakan cara yang terhitung mudah, memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan dapat dilaksanakan dalam waktu yang singkat. Melalui sekuensing sekuens gen rbcL pada tanaman durian, lai-durian dan lai dapat diketahui hubungan kekrabatan antar tiap-tiap spesies. Diketahui dari sepuluh varietas genus Durio spp yang diuji seluruhnya masih memiliki hubungan kekerabatan yang sangat dekat, dengan jarak genetik terjauh yaitu antara durian aspar dan lai mahakam dengan nilai sebesar 0,02891 dan jarak genetik terdekat berada pada durian montong dan holai sentawar dengan nilai 0,00167. Kekerabatan yang sangat dekat antara holai sentawar dan durian montong, menghasilkan dugaan bahwa salah satu dari kedua varietas ini merupakan induk maternal dari satu varietas lainnya. Keberagaman pada tingkat genotipe yang terdapat pada varietas-varietas yang diuji disebabkan oleh adanya mutasi dan rekombinasi genetik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI KEKERABATAN TANAMAN DURIAN (Durio zibethinus), LAI (Durio kutejensis), DAN LAI-DURIAN (Durio zibethinus x kutejensis) MENGGUNAKAN DNA BARCODING PADA GEN rbcL
Pengarang SYARFUL ANAM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IDE 2021 S
Subyek Kata kunci: DNA Barcoding, Durio spp, gen rbcL, ke
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan agroteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua