Penelitian dengan judul Kontribusi Komponen eLearning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Samarinda
Aninda Larasati, 2021. Penelitian dengan judul Kontribusi Komponen eLearning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Samarinda dilaksanakan di bawah bimbingan Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing I dan Riyo Riyadi, S.Pd., M.Pd sebagai Dosen Pembimbing II.
Motivasi belajar merupakan suatu hal penting yang harus ada pada diri siswa. Motivasi belajar yang timbul dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi komponen e-Learning terhadap motivasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 78 responden yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Samarinda. Data kemudian diolah menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa komponen e-Learning berkontribusi sebesar 81,7% terhadap motivasi belajar siswa. Infrastruktur e-Learning berkontribusi sebesar 30%, sistem dan aplikasi e-Learning berkontribusi sebesar 58,5%, dan konten e-Learning berkontribusi sebesar 11,5%. Komponen e-Learning dinyatakan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Penelitian dengan judul Kontribusi Komponen eLearning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Samarinda |
---|---|
Pengarang | ANINDA LARASATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANI p 2022 |
Subyek | Infrastruktur e-Learning Sistem dan Aplikasi e-Learning Konten eLearning, Motivasi Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN EKONOMI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY