Detail Cantuman Kembali
Mohammad Iqbal Fauzie - Personal Name

PROFESIONALISME POLISI DALAM PELAYANAN PUBLIK (StudiTentangPelayanan SIM di Kantor PolresKutaiKartanegara)

Mohammad Iqbal Fauzie. Profesionalisme Polisi Dalam Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan SIM Di Kantor Polres Kutai Kartanegara).Dibawah bimbingan Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Bambang Irawan,S.Sos., M.Si selaku pembimbing II. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis profesionalisme polisi dalam pelayanan publik dalam pelayanan SIM di Kantor Polres Kutai Kartanegaradan untuk mengindentifikasi faktor penghambat profesionalisme polisi dalam pelayanan publik di Kantor Polres Kutai Kartanegara. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian meliputi profesionalisme Polisi dalam pelayanan publik terdiri atas kemampuan personil dalam penyelesaian pekerjaan, kecepatan dalam mengerjakan tugas, kreativitas (creativity), inovasi (innovasi), responsivitas (responsivity) dan faktor penghambat profesionalisme polisi dalam pelayanan publik. Sumber data meliputi data primer terdiri dari informan kunci yaitu Kepala Satuan Lalu lintas Polres Kutai Kartanegara, informan yaitu petugas pembuatan SIM Polres Kutai Kartanegara, serta data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan library research dan field work research meliputi observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan personil sudah sesuai dengan bidangnya masing-masing dan sudah sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Kecepatan dalam mengerjakan tugas masih sering mengalami kendala teknis dan non teknis, seperti terkadang jaringan sistem yang lambat atau gangguan server dari pusat. Kreativitas personil dalam menghadapi hambatan masih kurang karena masih banyak masyarakat yang belum mengerti SOP pembuatan SIM dancitra negative masyarakat terhadap personil akibat susah lulus dalam tes mengemudi dan masih mengantri cukup lama di loket 4-5 dalam pembuatan SIM.Inovasi dalam pelayanan SIM di Polres Kutai Kartanegara sudah baik berupa pelayanan first on first off. Sistem FIFO ini, seluruh informasi seperti jumlah pemohon SIM yang hadir, pemohon yang lulus dan tidak, serta jumlah PNPB akan diketahui secara langsung (real time). Responsivitas personil dalam pelayanan publik di Kantor Polres Kutai Karatanegara sudah baik karena personil sudah merespon dengan baik aspirasi baru dari masayarakat dengan menggunakan media sosial seperti website dan lain-lain. Kata Kunci : Profesionalisme Polisi, Pelayanan Publik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PROFESIONALISME POLISI DALAM PELAYANAN PUBLIK (StudiTentangPelayanan SIM di Kantor PolresKutaiKartanegara)
Pengarang Mohammad Iqbal Fauzie - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MOH p 2021
Subyek Profesionalisme Polisi, Pelayanan Publik.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ADMINISTRASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua