PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DAN AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X (MAN 2 SAMARINDA) TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Emi Susanti Roikan, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Menggunakan Media Ular Tangga dan Aktivitas terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X (MAN 2 Samarinda) Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muawarman. Dibimbing oleh Prof. Lambang Subagiyo, M.Si selaku pembimbing 1 dan Hj. Muliati Syam, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan suhu dan kalor. 2) Seberapa besar pengaruh aktivitas siswa dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan suhu dan kalor. 3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) dan aktivitas dengan menggunakan media pembelajaran ular tangga terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan suhu dan kalor. Penelitian ini di laksanakan di MAN 2 Samarinda dengan sampel sebanyak 36 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media ular tangga memberikan kontribusi sebesar 24,1% terhadap hasil belajar siswa dan rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media ular tangga pada materi suhu dan kalor di kelas X adalah 79 dan memenuhi standar kriteria ketuntasan belajar minimal yaitu 75. Selain itu hasil dari penelitian diperoleh bahwa aktivitas siswa memberikan kontribusi sebesar 26,3% terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata aktivitas siswa sebesar 68,2. Dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan media ular tangga dan aktivitas secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 61% terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Menggunakan Media Ular Tangga, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DAN AKTIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X (MAN 2 SAMARINDA) TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | Emi Susanti Roikan - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY