Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V SDN 001 Teluk Bayur SDN 001 Teluk Bayur Di Masa Pandemi Covid - 19 Tahun Ajaran 2021/2022
Muhammad Rasyid Ridho. 2021. Strategi Guru Dalam Membentuk KarakterDisiplin Peserta Didik Kelas V SDN 001 Teluk Bayur SDN 001 Teluk Bayur Di Masa Pandemi Covid - 19 Tahun Ajaran 2021/2022. Pembimbing I Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, M. Si dan Pembimbing II Iksam, S. Pd, M. Pd.
Kata Kunci : Strategi Guru, Membentuk Karater Disiplin, Pandemi Covid-19.
Penelitian ini di latar belakangi oleh Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalamupayapendidikan karakter bangsa. Pembelajaran dominan tidak dilakukan dengantatapmuka, sehingga menjadi tantangan guru dalam membentuk karakter disiplin pesertadidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalammembentuk karakter disiplin peserta didik di kelas V SDN 001 Teluk Bayur di masapandemi covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter disiplin dan untuk mengetahui kendala apa sajakendala dalam membentuk karakter disiplin peserta didik kelas V SDN001 TelukBayur di masa pandemi covid - 19.
Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data padapenelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepalasekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis datakualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan guru dalammembentuk karakter disiplin perseta didik kelas SDN 001 Teluk Bayur yaitu dengancara melakukan kegiatan pembiasaan seperti membaca doa sebelummemulai pembelajaran saat daring, guru dan peserta didik masuk pembelajaran dengantepat waktu, peserta didik mengumpulkan tugas tepat waktu dan peserta didikmenggunakan seragam yang telah ditentukan hal ini yang menjadi strategi guru dalammembentuk karakter disiplin peseta didik dimasa pandemi sekarang, dan juga sebagai guru memberikan teguran, sanksi, kemudian memberikan nasehat, dan pemberianreward kepada peserta didik. Kendala yang di hadapi guru dalammembentukkarakter disiplin peserta didik yaitu kurangnya minat atau kesadaran diri pada pesertadidik dan kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasionalkan mediapembelajaran berbasis daring.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V SDN 001 Teluk Bayur SDN 001 Teluk Bayur Di Masa Pandemi Covid - 19 Tahun Ajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD RASYID RIDHO - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH s 2021 |
Subyek | Pandemi COVID-19 Strategi Guru, Membentuk Karater Disiplin |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY