Pola Asuh Orang Tua Dalam Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19
Eliya, 2021. Pola Asuh Orang Tua Dalam Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 5-6 tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Penelitian ini di Bawah
Bimbingan Dra. Wiwik Haryani, M.Pd Selaku Pembimbing I dan Dr. H. Budi Rahardjo, M.S Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan pola asuh apa yang diterapkan orang tua dalam upaya meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak usia 5 - 6 tahun pada masa pandemi covid - 19. 2) Untuk mengetahui Pengaruh pola asuh yang diterapakan orang tua kepada anak terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5 - 6 Tahun pada masa pandemi covid - 19. Untuk penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif Kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Sumber Data penelitian ini adalah Orang tua / Ibu dan Anak di Rt 02 Pulau Harapan Kecamatan Muara Muntai, KUKAR. Pengumpulan data menggunakan 1) Teknik wawancara kepada orang tua dan anak, 2) Teknik Observasi untuk mengamati kegiatan subjek dan , 3) Teknik dokumentasi sebagai penunjang untuk memperoleh data dilapangan. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan
data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kedua keluarga yang peneliti teliti memiliki cara tersendiri dalam menerapkan pola asuh di keluarganya. 1) Pola asuh Bu Amah menerapkan pola asuh permisif dan Bu Rita menerapkan pola asuh otoriter sehingga menghasilkan perkembangan sosial- emosional yang berbeda pada masa Pandemi covid - 19. Pengaruh pola asuh permisif Bu Amah terhadap perkembangan sosial-emosional anak menjadi cenderung memberontak, kurang percaya diri, kurang bertanggung jawab, dan Semena-mena karna kurangnya control orang tua. Pengaruh pola asuh otoriter Bu Rita membuat anak terlihat kurang bahagia, mudah merasa sedih, tertekan, merasa dalam ketakutan dan membuat psikologi anak tertanggu karna anak harus melakukan sesuatu sesui kehendak dan peraturan yang diterapkan orang tua.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pola Asuh Orang Tua Dalam Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 |
---|---|
Pengarang | Eliya - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ELI p 2021 |
Subyek | Pola asuh orang tua , perkembangan sosial-emosiona |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY