Detail Cantuman Kembali

Survei Kondisi Fisik Cabang Olahraga Kempo Menuju PORPROV VII Tahun 2022 Pada Atlet SKOI Kalimantan Timur

Roro Ajeng Kunti Damawestri, 2022. Survei Kondisi Fisik Cabang Olahraga Kempo Menuju PORPROV VII Tahun 2022 Pada Atlet SKOI Kalimantan Timur. Dibawah Bimbingan Hendry Ismawan, S.Pd, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing I, dan Muh. Ramli Buhari, S.Pd, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kondisi fisik atlet cabang olahraga kempo pada atlet SKOI Kalimantan Timur menuju PORPROV VII tahun 2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Statistik deskriptif dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran umum data penelitian. Untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata hasil tes Daya Tahan (Endurance) (X1), Kekuatan (Stregth) (X2), Kecepatan (Speed) (X3), dan Kelentukan (Flexibility) (X4) pada atlet kempo PORPROV VII Tahun 2022 SKOI Kalimantan Timur yang diukur dengan sit and reach masuk dalam kriteria baik sekali. Berdasarkan klasifikasi norma kriteria dapat dikatakan bahwa kelentukan pada atlet kempo PORPROV VII Tahun 2022 SKOI Kalimantan Timur dalam kategori “Baik”. Menurut Nurhasan (2005:46), menyatakan bahwa kelentukan adalah kemampuan sendi untuk melakukan gerak dalam ruang gerak sendi secara maksimal sesuai dengan kemungkinan gerakannya (range of movement). Kelentukan merupakan kemampuan seseorang untuk meregangkan otot seluasluasnya. Sesuai dengan prinsip kumite dalam kempo yaitu mampu melakukan gerakan secara perpindah-pindah secara cepat untuk meyerang lawan serta menghindari serangan dari lawan secara cepat dan tepat mengenai sasaran. Berdasarkan uji statistik yang dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar pada siswa SMK Kesehatan Samarinda. Berdasarkan hasil uji anova atau Ftest menunjukkan besaran F hitung sebesar 0,133 lebih kecil dari F tabel 1,000 dengan signifikansi 0,397 lebih kecil dari  5%. Artinya secara simultan variabel Daya Tahan (Endurance) (X1), Kekuatan (Stregth) (X2), Kecepatan (Speed) (X3), dan Kelentukan (Flexibility) (X4) berpengaruh terhadap Kondisi Fisik (Y) cabang olahraga kempo menuju PORPROV VII Tahun 2022 pada Atlet SKOI Kalimantan Timur. Hal ini sama sesuai dengan hasil perhitungan dan pengolahan data, dari keseluruhan 15 atlet kempo diperoleh 2 atlet kempo yang memiliki kondisi fisik baik dan 13 atlet memiliki kondisi fisik baik sekali. Hal ini menunjukkan dari 100% atlet cabang olahraga kempo menuju PORPROV VII Tahun 2022 pada Atlet SKOI Kalimantan Timur hanya 86,67% yang memiliki kondisi fisik kurang sedangkan 13,33% atlet memiliki kondisi fisik baik. Sedangkan untuk keseluruhan 3 atlet semua memiliki kondisi fisik kurang. .

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Survei Kondisi Fisik Cabang Olahraga Kempo Menuju PORPROV VII Tahun 2022 Pada Atlet SKOI Kalimantan Timur
Pengarang RORO AJENG KUNTI DAMAWESTRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ROR s 2022
Subyek Kondisi Fisik, Cabang Olahraga Kempo
Atlet SKOI Kalimantan Timur
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN JASMANI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua