Detail Cantuman Kembali
Dwi Wahyu Putriani - Personal Name

Efektivitas Kompres Hangat Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Haid (Dismenore) Pada Remaja Putri


Latar Belakang : Dismenorea adalah nyeri yang timbul pada saat wanita mengalami menstruasi, disebabkan karena kontraksi otot miometrium yang berlebihan yang akan mengurangi aliran darah, sehingga kekurangan oksigen dalam sel-sel miometrium yang mengakibatkan timbulnya nyeri. Upaya dalam menangani nyeri haid (dismenore) dapat dilakukan dengan kompres hangat.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kompres hangat terhadap penurunan intensitas nyeri haid (dismenore) pada remaja putri.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian literature review dengan menggunakan 3 artikel yang disesuaikan berdasarkan kriteria inklusi artikel.
Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian literature review pada 3 artikel menunjukkan bahwa kompres hangat dapat mengakibatkan dilatasi atau membuka aliran darah yang mengakibatkan relaksasi dari otot. Terdapat bahwa adanya penurunan intensitas nyeri haid (dismenore) yang signifikan sesudah dilakukannya kompres hangat pada remaja putri.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil analisis literature review pada 3 artikel menunjukkan bahwa pemberian kompres hangat terbukti efektivitas dalam menurunkan intensitas nyeri haid (dismenore) pada remaja putri.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Kompres Hangat Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Haid (Dismenore) Pada Remaja Putri
Pengarang Dwi Wahyu Putriani - Personal Name
No. Panggil Karya Tulis Ilmiah DWI e 2021
Subyek Kompres Hangat, Nyeri Haid, Remaja Putri
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D3 Keperawatan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua