Detail Cantuman Kembali
ACHMAT KARIM - Personal Name

Evaluasi Penggunaan E-Learning Pada Kelas V di SD IT Cordova Samarinda tahun Ajaran 2021/2022

Achmat Karim, 2021. Evaluasi Penggunaan E-Learning Pada Kelas V di SD IT Cordova Samarinda tahun Ajaran 2021/2022.Skripsi ini dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Ridhani, M. Pd., selaku pembimbing I dan Rosita Putri Rahmi Haerani, S. Pd, M. Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci : E-learning, Model Evaluasi CIPP
Perkembangan era globalisasi ini memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan di masyarakat, terutama di dunia pendidikan. Perkembangan teknologi pada bidang ilmu pengetahuan semakin mendorong pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran, terutama pada masa pandemi ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesiapan guru, kesiapan siswa, dan kesiapan sarana prasarana di SD IT Cordova Samarinda dalam melaksanakan program berbasis e-learning
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumulan data dengan menggunakan model evaluasi Context, Input, Procces, dan Product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD IT Cordova Samarinda dan objek penelitian ini adalah untuk melihat kesiapan guru, kesiapan siswa, dan kesiapan sarana prasarana dalam melaksanakan program berbasis e-learning. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Kuisioner yang diberikan berbentuk bitly, karena penyebaran kuisioner dilakukan secara online karena masih dalam situasi pandemi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor e-learning total kesiapan guru adalah 81.88 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan model evaluasi CIPP diperoleh skor kesiapan guru : (1) aspek context sebesar 80.55, (2) aspek input sebsar 79.99, (3) aspek procces sebesar 83.68, dan (4) aspek Product sebesar 82.63. Skor e-learning total kesiapan siswa adalah 77.83 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan model evaluasi CIPP diperoleh skor kesiapan siswa : (1) aspek context sebesar 84.72, (2) aspek input sebsar 76.31, (3) aspek procces sebesar 74.02, dan (4) aspek Product sebesar 77.77. Ketersediaan sarana prasarana dalam pelaksanaan program berbasis e-learning di SD IT Cordova Samarinda baik dari guru dan siswa mendapat nilai sebesar 84,72 yang artinya sangat tinggi sehingga cukup lengkap untuk menunjang kegiatan e-learning. Berdasarkan hasil data dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru, kesiapan siswa dan kesiapan sarana prasarana kelas V di SD IT Cordova Samarinda ditinjau dari aspek Context, Input, Procces, dan Product (CIPP) telah siap dalam melaksanakan program berbasis e-learning.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Evaluasi Penggunaan E-Learning Pada Kelas V di SD IT Cordova Samarinda tahun Ajaran 2021/2022
Pengarang ACHMAT KARIM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ACH e 2021
Subyek E-learning, Model Evaluasi CIPP
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua