Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD SULTANG - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kelas VII Di SMP Negeri 22 Samarinda

Muhammad Sultang, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kelas VII Di SMP Negeri 22 Samarinda. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Drs.H. Asyril, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Andi Rustandi S.Kom,M.TI,M.H. selaku pembimbing II.
Teknologi multimedia yang sedang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang mampu merealisasikan dunia virtual ke dunia nyata, dapat mengubah obyek-obyek itu menjadi obyek 3D (tiga dimensi) sehingga metode pembelajaran tidaklah monoton dan pengguna atau siswa menjadi terpacu untuk menegetahui lebih lanjut. Teknologi AR merupakan gabungan obyek virtual (teks, gambar, dan animasi) ke dalam dunia nyata, sehingga dapat membuat siswa seolah-olah dihadapkan pada obyek yang dipelajari secara nyata dan proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah memahami materi pelajaran. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Augmented Reality
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Pengembangan media pembelajaran Augmented Reality di kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda, 2) Kelayakan uji coba produk menurut ahli media dan ahli materi terhadap pengembangan media pembelajaran menggunakan Augmented Reality mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas VII di SMP Negeri 22 Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah Metode Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek peneltitian yang terlibat adalah 3 dosen ahli media, 1 guru SMPN 22 Samarinda, dan 15 siswa kelas 7F SMPN 22 Samarinda, sedangkan objek yang diteliti adalah kelayakan pengembangan media pembelajaran Augmented Reality pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Tata Surya.
Uji kelayakan dapat dilihat perolehan hasil angket pengujian yang diberikan kepada 3 ahli validasi media didapatkan nilai sebesar 73,65 kategori sangat layak, untuk perolehan hasil angket pengujian program diberikan kepada 1 ahli validasi materi didapatkan nilai sebesar 52 kategori sangat layak, dan untuk perolehan hasil angket pengujian program yang diberikan kepada 15 siswa didapatkan nilai sebesar 99,40 kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kelas VIIF di SMP Negeri 22 Samarinda
Kata Kunci: Teknologi multimedia yang sedang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Kelas VII Di SMP Negeri 22 Samarinda
Pengarang MUHAMMAD SULTANG - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2021
Subyek Teknologi multimedia
Augmented Reality (AR)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA konsentrasi PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua