Detail Cantuman Kembali
SITI ISTAQUL MUTAFSIROH - Personal Name

PERENCANAAN KOMUNIKASI TIKTOK @KOPIRIA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MEREK PADA KONSUMEN KOPIRIA

Siti Istaqul Mutafsiroh, 1702055066, perencanaan komunikasi diperlukan sebab dengan adanya perencanaan komunikasi dapat membantu mengatasi rintangan-rintangan yang ada guna mencapai efektivitas komunikasi, sedangkan dari fungsi dan kegunaan komunikasi perencanaan diperlukan untuk mengimplementaskan program-program yang ingin dicapai. Dengan adanya perencanaan komunikasi penggunan media sosial menjadi lebih terarah sehingga tujuan yang ingin dicapai lebih mudah dilakukan. Salah satu bentuk perencanaan komunikasi dalam menggunakan media sosial yaitu, pemanfaatan TikTok sebagai media untuk meningkatkan kesadaran merek ( brand awareness). Pelaku usaha yang menggunakan TikTok untuk membantu meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) adalah Kopiria. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan komunikasi Kopiria dalam menggunakan TikTok untuk meningkatkan kesadaran merek. Digunakan model perencanaan komunikasi lima langkah yang terdiri dari penelitian (research), perencanaan (plan), pelaksanaan (excute), pengukuran (measure) dan pelaporan (report). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskripstif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi serta wawancara semistruktur dengan teknis analisis data Miles dan Huberman. Informan dalam penelitian ini yaitu, social media strategist Kopiria, barista serta konsumen Kopiria. Hasil penelitian ini menunjukkan, tahap penelitian, Kopiria mencari tahu terlebih dahulu target sasaran produk. Perencanaan, sebelum membuat konten Kopiria mencari referensi dengan mengamati konten di TikTok, lalu membuat story board dan menentukan talent. Pelaksanaan, proses pembuatan konten dan editing konten TikTok dengan menambahkan musik dan efek. Kemudian, konten tersebut diposting di TikTok. Pada pengukuran, mengkaji kekurangan konten dan memastikan konten TikTok telah mencapai target 100 penonton. Langkah terakhir adalah melakukan pelaporan kepada para jajaran manajemen. Perencanaan komunikasi yang dilakukan Kopiria belum dapat membantu dalam meningkatkan kesadaran merek, sebab konsumen Kopiria tidak mengikuti akun TikTok Kopiria, masih ada konsumen yang tidak mengetahui akun TikTok Kopiria. Belum ada konsumen Kopiria yang mengetahui merek Kopiria melalui TikTok. Kata Kunci : Tiktok, perencanaan komunikasi, kesadaran merek, Kopiria.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERENCANAAN KOMUNIKASI TIKTOK @KOPIRIA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MEREK PADA KONSUMEN KOPIRIA
Pengarang SITI ISTAQUL MUTAFSIROH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT p 2021
Subyek Tiktok, perencanaan komunikasi, kesadaran merek, K
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua