Detail Cantuman Kembali
Azi Surya Kurniawan - Personal Name

EFEKTIVITAS AROMATERAPI DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DENGAN MASALAH PENURUNAN CURAH JANTUNG

Latar Belakang : Hipertensi merupakan kondisi dimana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam kurun waktu yang lama) yang dapat menyebabkan kesakitan pada seseorang dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Tekanan darah tersebut membuat sistem sirkulasi dan organ yang mendapat suplai darah (termasuk jantung dan otak) menjadi Tegang.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis aromaterapi yang efektif digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan mengetahui jenis aromaterapi yang paling efektif dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.
Metode : Penelitian ini menggunakan studi literature review dengan metode pencarian database secara online yang relevan seperti Google Scholar. Penelusuran literatur sebagai referensi dari tahun 2015 sampai 2021 dan mendapatkan 4 jurnal atau artikel yang relevan.
Hasil dan Pembahasan : Penyakit hipertensi dapat diatasi dengan cara menurunkan tekanan darah menggunakan aromaterapi mawar dan lavender yang diberikan secara inhalasi. Berdasarkan hasil literature review dapat dibuktikan aromaterapi mawar dan lavender efektif dalam menurunkan tekanan darah, namun setelah pemberian aromaterapi hasil penurunan tekanan darah yang didapat berbeda-beda sehingga keefektifan pemberian aromaterapi berbeda-beda dalam mengatasi hipertensi, karena dari segi pemberiannya yang berbeda pada setiap artikel penelitian, mulai dari durasi, usia hingga kandungan pada jenis aromaterapi.
Kesimpulan dan Saran : Berdasarkan hasil literature review pada 4 artikel penelitian aromaterapi mawar dan lavender efektif dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, sehingga pemberian aromaterapi ini dapat digunakan sebagai intervensi keperawatan pada pasien hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Karena aromaterapi tersebut dapat memberikan perasaan rileks yang akhirnya dapat mempengaruhi tekanan darah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS AROMATERAPI DALAM MENURUNKAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DENGAN MASALAH PENURUNAN CURAH JANTUNG
Pengarang Azi Surya Kurniawan - Personal Name
No. Panggil Jurnal Karya Tulis Ilmiah AZI e 2021
Subyek Aromaterapi, hipertensi atau tekanan darah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D3 Keperawatan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua