Pengaruh Permainan Monopoli Berbasis CET (Chemo-Edutainment) pada model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Hasil Belajar Kimia pada Sub Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektroli
Nur Sariyah. 2020. Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Berbasis CET (Chemo-Edutainment) pada Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learnin) Terhada Hasil Belajar Kimia pada Sub Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Penelitian ini dibimbing oleh Muflihah, S.Pd., M.Si. selaku pembimbing 1 dan Iis Intan Widiyowati, S.Pd M.Pd. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan monopoli berbasis CET dalam model pembelajaran BBL terhada hasil belajar kimia pada sub pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Samarinda pada bulan Februari tanggal 2 – 18 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian True Experimental Design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model BBL dengan permainan monopoli berbasisi CET sedangkan kelas kontrol menggunakan model BBL tanpa permainan monopoli berbasisi CET. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik non-tes. Teknik tes terdiri dari nilai akhir ulangan harian, teknik non-tes menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Data hasil akhir ulangan harian dianalisis menggunakan uji F dan uji t. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen adalah 75 dan kelas control adalah 69,83. Persentase ratarata kegiatan guru pada kelas kontrol sebesar 85,71%, pada kelas eksperimen sebesar 89,28% dengan kategori sangat baik. Persentase rata-rata kegiatan siswa pada kelas kontrol sebesar 74,76%, pada kelas eksperimen sebesar 76,9% dengan kategori baik. Data rata-rata hasil belajar kognitif siswa dianalisis, diperoleh thitung 3,00 > ttabel 1,98. Hasil analisis rata-rata hasil belajar kognitif siswa setelah perlakuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan monopoli berbasis CET dalam model pembelajaran BBL terhadap hasil belajar kimia siswa pada sub pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Permainan Monopoli Berbasis CET (Chemo-Edutainment) pada model Pembelajaran Brain Based Learning terhadap Hasil Belajar Kimia pada Sub Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Nonelektroli |
---|---|
Pengarang | NUR SARIYAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2021 |
Subyek | Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Permainan Monopoli Berbasis CET, BBL |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY