PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GOTONG ROYONG TEMA 3 SUBTEMA 2 MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS AUDIO VISUAL SISWA KELAS III SD NEGERI 035 TENGGARONG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Ridha Nabila, 2022. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Gotong Royong Tema 3 Subtema 2 Menggunakan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Siswa Kelas III SD Negeri 035 Tenggarong Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pembimbing I Makmun, M.Ag., Ph.D dan Pembimbing II Iksam, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Hasil Belajar PKn, Materi Gotong Royong, Media Powerpoint Berbasis Audio Visual.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn materi gotong royong tema 3 subtema 2 siswa kelas III SD Negeri 035 Tenggarong tahun pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar PKn materi gotong royong tema 3 subtema 2 menggunakan media powerpoint berbasis audio visual siswa kelas III SD Negeri 035 Tenggarong tahun pembelajaran 2021/2022?’. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi gotong royong tema 3 subtema 2 menggunakan media powerpoint berbasis audio visual siswa kelas III SD Negeri 035 Tenggarong tahun pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 035 Tenggarong yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar PKn dan media powerpoint berbais audio visual. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan presentase.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar dari nilai rata-rata pra siklus sebesar 64,5 dengan presentase ketuntasan belajar 35%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,75 dengan presentase ketuntasan belajar 50% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78 dengan presentase ketuntasan belajar 85%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar PKn Tema 3 Subtema 2 menggunakan media powerpoint berbasis audio visual siswa kelas III SD Negeri 035 Tenggarong tahun pembelajaran 2021/2022.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GOTONG ROYONG TEMA 3 SUBTEMA 2 MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS AUDIO VISUAL SISWA KELAS III SD NEGERI 035 TENGGARONG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | RIDHA NABILA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RID p 2021 |
Subyek | Hasil Belajar PKn, Materi Gotong Royong Media Powerpoint Berbasis Audio Visual |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY