Detail Cantuman Kembali
TYASTYA CHAERUNA - Personal Name

Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Teknik Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I SDN 025 Loa Kulu Tahun Pembelajaran 2021/2022

Tyastya Chaeruna, 2022. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Teknik Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I SDN 025 Loa Kulu Tahun Pembelajaran 2021/2022. Skripsi dibimbing oleh H. Makmun, S.Ag., M.Ag., Ph.D selaku pembimbing I dan Iksam, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Kata

Kunci : Keterampilan Menulis Permulaan, Melengkapi Cerita Rumpang, Media Gambar

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil menulis permulaan yang diperoleh siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu tahun pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan keterampilan menulis permulaan dengan teknik melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar pada siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu tahun pembelajaran 2021/2022?. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil keterampilan menulis permulaan dengan teknik melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar pada siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu tahun pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu yang berjumlah 12 orang siswa dan objek penelitian ini adalah keterampilan menulis permulaan dengan teknik melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil keterampilan menulis permulaan siswa dari pra siklus sebesar 60 meningkat menjadi 70 pada siklus 1 dengan persentase peningkatan hasil menulis sebesar 16,6%. Pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 83,75 dengan persentase peningkatan dari pra siklus sebesar 39,58%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan keterampilan menulis permulaan dengan teknik melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu telah meningkat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Teknik Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I SDN 025 Loa Kulu Tahun Pembelajaran 2021/2022
Pengarang TYASTYA CHAERUNA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TYA p 2021
Subyek Keterampilan Menulis Permulaan
Melengkapi Cerita Rumpang, Media Gambar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua