Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Teknik Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I SDN 025 Loa Kulu Tahun Pembelajaran 2021/2022
Tyastya Chaeruna, 2022. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Teknik Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I SDN 025 Loa Kulu Tahun Pembelajaran 2021/2022. Skripsi dibimbing oleh H. Makmun, S.Ag., M.Ag., Ph.D selaku pembimbing I dan Iksam, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Kata
Kunci : Keterampilan Menulis Permulaan, Melengkapi Cerita Rumpang, Media Gambar
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya hasil menulis permulaan yang diperoleh siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu tahun pembelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan keterampilan menulis permulaan dengan teknik melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar pada siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu tahun pembelajaran 2021/2022?. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil keterampilan menulis permulaan dengan teknik melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar pada siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu tahun pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu yang berjumlah 12 orang siswa dan objek penelitian ini adalah keterampilan menulis permulaan dengan teknik melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil keterampilan menulis permulaan siswa dari pra siklus sebesar 60 meningkat menjadi 70 pada siklus 1 dengan persentase peningkatan hasil menulis sebesar 16,6%. Pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 83,75 dengan persentase peningkatan dari pra siklus sebesar 39,58%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan keterampilan menulis permulaan dengan teknik melengkapi cerita rumpang menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik siswa kelas I SDN 025 Loa Kulu telah meningkat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan dengan Teknik Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas I SDN 025 Loa Kulu Tahun Pembelajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | TYASTYA CHAERUNA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TYA p 2021 |
Subyek | Keterampilan Menulis Permulaan Melengkapi Cerita Rumpang, Media Gambar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY