PENGARUH HARGA DIRI DAN KONFORMITAS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF BARANG TIRUAN PRODUK MODE PADA REMAJA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diri dan konformitas terhadap pembelian impulsif barang tiruan produk mode pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 150 remaja dan sampel pada penelitian ini adalah 92 remaja di Indonesia yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pembelian impulsif, harga diri dan konformitas. Teknik analisa data menggunakan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh harga diri dan konformitas terhadap pembelian impulsif yaitu dengan nilai F = 37.800, R 2 = 0.459, p = 0.000; (2) ada pengaruh signifikan harga diri terhadap pembelian impulsif dengan koefisien beta = -0.179, serta nilai t hitung < t tabel (-2.077 < 1.987) dan nilai p = 0.041 (p < 0.05); (3) ada pengaruh signifikan konformitas terhadap pembelian impulsif dengan nilai koefisien beta = 0.583, nilai t hitung > t tabel (6.779 > 1.987) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi harga diri dan konformitas dengan pembelian impulsif pada remaja adalah sebesar 0.459 (45.9 persen).
Kata kunci : harga diri, konformitas, pembelian impulsif, remaja.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH HARGA DIRI DAN KONFORMITAS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF BARANG TIRUAN PRODUK MODE PADA REMAJA |
---|---|
Pengarang | SHABRINA MUTIARTA PUTRI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SHA p 2021 |
Subyek | harga diri, konformitas, pembelian impulsif, remaj |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY