Detail Cantuman Kembali
Ariffin - Personal Name

PENGARUH SUHU DAN WAKTU PENGERINGAN TERHADAP SINTASAN BAKTERI ASAM LAKTAT DAN ORGANOLEPTIK YOGHURT CHIPS DURIAN (Durio zibethinus)

Yoghurt adalah salah satu produk susu yang diproduksi melalui proses fermentasi dengan pemberian starter Bakteri Asam Laktat (BAL), yaitu bakteri Streptococus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Yoghurt mempunyai tekstur semipadat dengan cita rasa khas dan segar namun sulit dinikmati atau dikonsumsi setiap saat oleh konsumen karena harus disimpan pada suhu yang dingin. Oleh karena itu dibuatlah dalam bentuk olahan kering yaitu yoghurt chips. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kandungan Bakteri Asam Laktat dan uji organoleptik terhadap yoghurt chips durian.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor dan tiga kali ulangan. Faktor pertama yaitu suhu pengeringan dengan tiga taraf yang berbeda dan faktor kedua yaitu waktu pengeringan dengan tiga taraf yang berbeda. Suhu yang digunakan yaitu 70°C, 80°C, 90°C, dan waktu yang digunakan yaitu 9 jam, 12 jam, 15 jam. Parameter uji yang dilakukan pada penelitian ini yaitu Bakteri Asam Laktat (BAL) dan Uji Organoleptik yoghurt chips durian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan sidik ragam. Untuk hasil sidik ragam yang menunjukan perbedaan nyata dilakukan uji lanjut Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf α-5 %.
Berdasarkan hasil analisis data pada produk yoghurt chips durian diperoleh bahwa faktor suhu memberikan pengaruh yang nyata terhadap sintasan Bakteri Asam Laktat akan tetapi faktor waktu tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap sintasan Bakteri Asam Laktat pada yoghurt chips durian. Semakin tinggi suhu dan waktu pengeringan maka akan semakin sedikit pertumbuhan BAL yang terjadi sehingga berpengaruh terhadap sintasan Bakteri Asam Laktat pada yoghurt chips durian. Sedangkan hasil penelitian uji organoleptik menunjukkan bahwa waktu pengeringan berpengaruh nyata terhadap yoghurt chips durian tetapi berpengaruh tidak signifikan terhadap suhu pengeringan.
Jumlah Bakteri Asam Laktat tertinggi diperoleh pada yoghurt buah durian yang dikeringkan pada suhu 70°C, 80°C dan 90°C dengan waktu pengeringan selama 9 jam. Yoghurt chips durian yang dikeringkan pada suhu 80°C dengan waktu pengeringan selama 12 jam lebih disukai. Karakteristik yoghurt chips durian terbaik adalah pada yoghurt chips durian yang dikeringkan pada suhu 80°C selama 12 jam dengan warna kuning, aroma khas yoghurt dan durian, rasa yang manis durian dan memiliki tekstur yang renyah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH SUHU DAN WAKTU PENGERINGAN TERHADAP SINTASAN BAKTERI ASAM LAKTAT DAN ORGANOLEPTIK YOGHURT CHIPS DURIAN (Durio zibethinus)
Pengarang Ariffin - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARI p 2021
Subyek yoghurt, durian, yoghurt durian, yoghurt chips
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua