Detail Cantuman Kembali

IDENTIFIKASI MIKROORGANISME TANAH PASCA TAMBANG PT TANITO HARUM DENGAN PEMBERIAN KOMPOS SAMPAH PASAR DENGAN BIOAKTIVATOR MOL BONGGOL PISANG DAN TRICHODERMA SP.

BAYU ANGGORO C.T Identifikasi Mikroorganisme Tanah Pasca Tambang PT Tanito Harum dengan Pemberian Kompos Sampah Pasar dengan Bioaktivator Mol Bonggol Pisang dan Trichoderma sp, Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman 2021 (di bawah bimbingan Roro Kesumaningwati dan R.M Nurhartanto).
Penambangan batubara memang memberikan pendapatan daerah yang besar, namun di sisi lain kegiatan tersebut menimbulkan kerusakan lingkungan yang parah yaitu salah satunya adalah hilangnya mikroorganisme tanah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi perkembangan mikroorganisme pada tanah pasca tambang yang diberi kompos sampah pasar dengan bioaktivator mol bonggol pisang dan Trichoderma sp. dilakukan selama 8 (delapan) bulan, mulai bulan Maret hingga November 2018. Penelitian dilakukan di Laboratorium Tanah dan Laboratorium Hama Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Penelitian ini akan menggunakan Rancangan acak lengkap dengan 7 perlakuan dan 4 ulangan.
Hasil pengamatan ini menunjukan pertumbuhan fungi dan bakteri disetiap sampel kompos Trichoderma sp. dan kompos mol bonggol pisang bervariasi tidak berpengaruh nyata pada pertumbuhan mikroorganisme di tanah bekas tambang, dari identifikasi terdapat delapan jenis jamur atau cendawan serta satu jenis bakteri yang tumbuh.
Kata Kunci : mikroorganisme, tanah pasca tambang, mol bonggol pisang, trichoderma sp

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI MIKROORGANISME TANAH PASCA TAMBANG PT TANITO HARUM DENGAN PEMBERIAN KOMPOS SAMPAH PASAR DENGAN BIOAKTIVATOR MOL BONGGOL PISANG DAN TRICHODERMA SP.
Pengarang Bayu Anggoro Christha Tama - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI BAY i 2021
Subyek mikroorganisme, tanah pasca tambang, mol bonggol p
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua