Detail Cantuman Kembali
ARIANSYAH - Personal Name

Cemaran Coliform dan Escherichia coli Pada Minuman Es Dawet di Kecamatan Samarinda Utara, Palaran, dan Sambutan

ARIANSYAH. Cemaran Coliform Dan Escherichia coli Pada Minuman Es Dawet Di Kecamatan Samarinda Utara, Palaran, Dan Sambutan. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2021. (dibawah bimbingan Aswita Emmawati dan Sulistyo Prabowo).
Bakteri Coliform adalah suatu kelompok bakteri yang digunakan sebagai indikator adanya polusi kotoran. Coliform yang berada di dalam makanan atau minuman menunjukkan kemungkinan adanya mikroba yang berbahaya bagi kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui cemaran bakteri Coliform dan Escherichia coli yang terdapat dalam minuman es dawet.
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dimana sampel es dawet, santan, es batu, cendol, dan gula merah yang digunakan sebagai sampel diambil langsung dari penjual dan dilakukan analisis uji bakteri Coliform dan Escherichia coli mengunakan metode MPN dengan seri 3 tabung.
Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini cemaran bakteri Coliform dan E. coli pada produk minuman jajanan es dawet di Kecamatan Samarinda Utara, Palaran, dan Sambutan menunjukkan bahwa sampel yang diuji secara utuh tidak memenuhi syarat yang ditetapkan oleh standar nasional Indonesia (SNI) 7388:2009 tentang batas maksimum cemaran mikroba pada produk minuman.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Cemaran Coliform dan Escherichia coli Pada Minuman Es Dawet di Kecamatan Samarinda Utara, Palaran, dan Sambutan
Pengarang ARIANSYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARI C 2021
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua