Detail Cantuman Kembali
Rizali Rahman - Personal Name

MOTIVASI PETANI DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI KELURAHAN TANI AMAN KECAMATAN LOA JANAN ILIR

RIZALI RAHMAN. Motivasi petani dalam penerapan sistem tanam jajar legowo di Kelurahan Tani Aman Kecamatan Loa Janan Ilir. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman 2021. (di bawah bimbingan Dina Lesmana dan Muhammad Erwan Suriaatmaja).
Pembangunan pertanian di Indonesia tetap dianggap terpenting dari keseluruhan pembangunan ekonomi apalagi semenjak sektor pertanian ini menjadi penyelamat perekonomian nasional karena justru pertumbuhannya meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat motivasi petani, faktor yang mempengaruhi motivasi serta tingkat penerapan sistem tanam jajar legowo.
Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2021 sampai dengan bulan November 2021.Metode pengambilan data pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah (simple random sampling). Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan skala likert.
Hasil penelitian ini meninjukan bahwa tingkat mmotivasi ekonomi serta sosiologi berada pada kategori tinggi. faktor yang mempengaruhi petani diantaranya Pengalaman bertani, sarana saprodi, kehadiran penyuluh, luas lahan, serta pendapatan petani. Tingkat penerapan teknis dari sistem tanam jajar legowo berada pada kategori tinggi.
Untuk memperoleh hasil yang maksimal maka memerlukan peran serta dari semua pihak baik dari pemerintah maupun instansi dibidang pertanian , untuk membantu petani dalam pemberian penyuluhan tentang pentingnya penerapan teknis sistem jajar legowo secara maksimal. Di samping itu para petani diharapkan secara aktif mengikuti penyuluhan agar pengetahuan tentang jajar legowo yang dapat menunjang pengetahuan petani tentang sistem tanam jajar legowo secara lebih detail. Sehingga para petani dapat meningkatkan produksinya baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MOTIVASI PETANI DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI KELURAHAN TANI AMAN KECAMATAN LOA JANAN ILIR
Pengarang Rizali Rahman - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIZ m 2022
Subyek Motivasi petani, faktor sosial, ekonomi, jajar leg
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua