Detail Cantuman Kembali
SULAIMAN - Personal Name

PERAN PEMERINTAH KECAMATAN SEBATIK BARAT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN SEBATIK BARAT (STUDI KASUS PENDAPATAN PETANI KAKAO)

ABSTRAK

Sulaiman, Peran Pemerintah Kecamatan Sebatik Barat Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di di Kecamatan Sebatik Barat (Studi Kasus Pendapatan Petani Kakao), dibimbing oleh Pembimbing I Bapak Drs. Farhanuddin Jamanie, M.Si dan Pembimbing II Bapak Drs. H. Burhanudin, M.Si.
Latar belakang yakni secara ekonomi masyarakat Sebatik sangat bergantung pada negara tetangga yaitu Tawau (Malaysia) terlihat dari segi perdagangan, masyarakat Sebatik lebih cenderung ke negara tetangga (Tawau) Malaysia untuk melakukan transaksi perdagangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan lainnya walaupun di daerahnya terdapat pasar, toko-toko dan penjual akan tetapi harga pasar memaksa masyarakat untuk lebih cenderung ke negara tetangga, begitu juga untuk penjualan hasil bumi dan laut mereka, mereka lebih memilih menjualnya ke negara tetangga disamping jaraknya lebih dekat juga lebih mudah untuk di tempuh dibanding harus ke Nunukan yang pada saat ini infrastruktur jalur transportasi ke Nunukan masih kurang memadai. Jalan penghubung antar Kecamatan kondisinya rusak, apalagi pada musim penghujan sulit dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua.
Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui peran Pemerintah Kecamatan Sebatik Barat dalam meningkatkan pendapatan ekonomi petani kakao di Kecamatan Sebatik Barat. (2) Untuk mengetahui factor-faktor yang mendukung dan menghambat pendapatan petani kakao di Kecamatan Sebatik Barat.
Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif . Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif dengan mengumpulkan data berupa kata – kata baik tertulis maupun lisan dari orang – orang yang diteliti. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu pertama dilakukan cara pengumpulan data melalui wawancara langsung, kemudian dilakukan penyederhanaan data, setelah itu pengajuan data, dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan dari data yang ada.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini Pendapatan petani kakao di Kecamatan Sebatik Barat belum dapat memenuhi standar kehidupan yang layak bagi para petani kakao. Peran pemerintah dalam peningkatan pendapatan petani kakao yaitu dengan melakukan program intensifikasi tanaman kakao, program peremajaan tanaman kakao, program sertifikasi lahan kakao, kegiatan penyuluhan dan pendampingan petani kakao, kegiatan peningkatan SDM, kepastian dan kompetensi petani kakao serta kegiatan pemberdayaan petani kakao. Faktor yang menghambat pendapatan petani kakao adalah rendahnya ketrampilan, pengetahuan dan pemahaman petani terhadap tekhnik budidaya anjuran/ideal, program pemerintah yang terkadang kurang fokus, keterbatasan sarana dan prasarana umum seperti jalan, telekomunikasi, perbankan yang masih minim ketersediaannya dan tata niaga yang belum teratur. Sedangkan faktor yang mendukung pendapatan petani kakao di Kecamatan Sebatik Barat antara lain adalah potensi alam yang masih cukup melimpah semangat petani yang tinggi, lokasi perbatasan yang strategis dan pasar yang masih sangat terbuka.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PEMERINTAH KECAMATAN SEBATIK BARAT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN SEBATIK BARAT (STUDI KASUS PENDAPATAN PETANI KAKAO)
Pengarang SULAIMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua