Detail Cantuman Kembali
ANGGI ANNISA FEBRIATI - Personal Name

EFEKTIVITAS KOMUNIKASIANTARPRIBADI GURUDAN SISWADALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BONTANG



ABSTRAK

Anggi Annisa Febriati, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman 2007, Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi Guru Dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Siswa di SMA Negeri 1 Bontang, dibawah bimbingan Ibu Dra. Rosa Anggraeiny, M.Si selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Drs. Sugandi, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi antar pribadi guru dan siswa SMA Negeri 1 Bontang dalam mencegah kenakalan siswa, dengan fokus penelitiannya adalah keterbukaan, empati, sikap positif, dukungan serta kesetaraan dalam berkomunikasi, dan jenis penelitian ini adalah menggunakan Deskriptif Kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan carafield work research yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan. Sumber data diperoleh dari key informanguru bimbingan konseling SMA Negeri 1 Bontang dan informan 4 orang siswa SMA Negeri 1 Bontang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui informan dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung dipandu melalui pertanyaan yang sesuai dengan fokus penelitian.
Dari hasil penyajian data yang diperoleh dan penguraian pada pembahasan penelitian ini, diketahui bahwadalam komunikasi antar pribadi guru bimbingan konseling dan siswa dilihat dari unsur empati, sikap positif, dukungan dan kesetaraan telah berjalan dengan baik.Meski demikian terdapat hambatan manusiawi yang terjadi pada diri siswa dilihat dari unsur keterbukaan karena adanya siswa yang tertutup dan pemalu sehingga kurang terbuka kepada guru.
Maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi antar pribadi yang dilakukan guru bimbingan konseling dan siswa di SMA Negeri 1 Bontang sudah cukup efektif karena meski terdapat beberapa siswa yang tertutup namun secara garis besar siswa telah merasa memiliki hubungan yang baik dengan guru bimbingan konseling dan hal tersebut membantu dalam mencegah kenakalan siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS KOMUNIKASIANTARPRIBADI GURUDAN SISWADALAM MENCEGAH KENAKALAN SISWA DI SMA NEGERI 1 KOTA BONTANG
Pengarang ANGGI ANNISA FEBRIATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua