Detail Cantuman Kembali
Jilferio Nugra Setiawan - Personal Name

Pengaruh Giberelin (GA3) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Terung Ungu (solanum melongena L)

ABSTRAK
Jilferio Nugra Setiawan. Pengaruh giberelin (GA3) terhadap Produksi Tanaman Terung Ungu (Solanum melongena L). Fakultas pertanian Universitas Mulawarman, 2021 (Dibawah Bimbingan Ellok Dwi Sulichantini dan A. Syamad Ramayana).
Terung termasuk sayuran yang digemari masyarakat, nampaknya budidaya tanaman terung ini tidak seintensif budidaya tanaman sayuran favorit lain seperti cabai, tomat, bawang, dan lainnya. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari masih kurang pentingnya peran komoditas terung di masyarakat. Padahal potensi pasar dalam negeri mempunyai peluang yang cerah. Pemberian pengatur tumbuh sintenik terutama yang termasuk dalam golongan giberelin di pasaran, diharapkan dapat digunakan untuk memanipulasi sifat fisik dan fisiologi tanaman dalam rangka peningkatan produksi.
Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2019, bertempat di nursery laborarium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Samarinda. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan faktor tunggal yaitu pemberian giberilin (P) dengan 8 konsentrasi dan 8 ulangan. Data dianalisis dengan mengunakan sidik ragam. Apabila terdapat perbedaan nyata pada perlakuan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%.
Penelitian ini menunjukan bahwa pemberian Giberelin dengan dosis yang berbeda menunjukan perubahan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman terung Pemberian giberelin (GA3) berpengaruh beda nyata terhadap pertumbuhan terung pada bagian tinggi tanaman,lebar daun,berat buah,jumlah biji,dan diameter buah., Pada Konsentsi p3 (0,3 mL L-1 Air) memberikan hasil terbaik pada pertumbuhan tinggi tanaman,jumlah biji,diameter buah,berat buah.
Kata Kunci : Giberelin (GA3), Terung Ungu, Zat Pengatur Tumbuhan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Giberelin (GA3) Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Terung Ungu (solanum melongena L)
Pengarang Jilferio Nugra Setiawan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JIL p 2022
Subyek Giberelin, Terong ungu, Zat Pengatur Tumbuh
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua