Detail Cantuman Kembali
PUJI ASTUTIK - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Hak dan Kewajiban Tema 2 Subtema 2 melalui Model Blended Learning (Daring dan Luring) pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Puji Astutik, 2021. Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Hak dan Kewajiban Tema 2 Subtema 2 melalui Model Blended Learning (Daring dan Luring) pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Pembimbing I Iksam, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. La Djangka, M.Pd. Kata
Kunci : Hasil Belajar PKn, Hak dan Kewajiban, Blended Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran PKn materi hak dan kewajiban tema 2 subtema 2, dalam hal pemahaman dan pengimplementasian terutama pada mata pelajaran PKn di kelas tinggi yakni kelas 4,5, dan 6 ditemukan banyak Siswa yang secara teori telah memahami maksud dan tujuan pembelajaran PKn tetapi dalam penerapan di kehidupan sehari-hari belum dapat melaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana meningkatkan hasil belajar PKn materi hak dan kewajiban melalui model blended learning (daring dan luring) pada siswa kelas V SDN 009 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PKn Materi Hak dan Kewajiban Tema 2 Subtema 2 Melalui Model Blended Learning (Daring dan Luring) Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN 009 Sungai Kunjang yang berjumlah 22 siswa dan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar PKN melalui model Blended Learning. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, presentase, dan peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase hasil belajar meningkat dari data awal pelaksanaan siklus I pertemuan I sebesar 55% meningkat menjadi 77% pada siklus I pertemuan II dengan peningkatan presentase sebesar 22%. Siklus II Pertemuan I hasil belajar meningkat sebesar 91% dengan peningkatan hasil belajar sebesar 14%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model belajar blended learning (daring dan luring) dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi Hak dan kewajiban Tema 2 Subtema pada siswa kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Hak dan Kewajiban Tema 2 Subtema 2 melalui Model Blended Learning (Daring dan Luring) pada Siswa Kelas V SDN 009 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Pengarang PUJI ASTUTIK - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUJ p 2021
Subyek Blended Learning
Hasil Belajar PKn, Hak dan Kewajiban
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua