Detail Cantuman Kembali
ANDI SYAHRUL WAHYUDI - Personal Name

Intervensi Komunikasi Penyuluh Pertanian Terhadap Perubahan Pola Pikir Petani di Desa Purwajaya Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara

ANDI SYAHRUL WAHYUDI. Intervensi Komunikasi Penyuluh Pertanian Terhadap Perubahan Pola Pikir Petani Di Desa Purwajaya Kecamatan Loa Janan Kabuaten Kutai Kartanegara. Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2021. (di bawah bimbingan Siti Balkis dan M Erwan Suriaatmaja).

Petani sebagai individu dalam kehidupan sehari-hari dihadapkan kepada tingkat kemampuan yang berbeda dalam menerima intervensi pola pikir oleh penyuluh pertanian, perbedaan tersebut dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, keterampilan, dan sikap petani yang berbeda-beda. Penyuluh pertanian merupakan agen perubahan yang langsung berhubungan dengan petani yang tugas utamanya adalah merubah perilaku petani melalui pendidikan non-formal sehingga petani memiliki kehidupan yang baik secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk intervensi komunikasi dan mengetahui perubahan pola pikir petani di Desa Purwajaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Maret 2021.

Penentuan lokasi dilakukan dengan cara melihat mayoritas petani dengan budidaya beberapa komoditi. Penentuan responden juga dilakukan secara sengaja atau metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 15 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi pengolahan data dan interpretasi data primer dan sekunder secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intervensi Komunikasi yang dilakukan penyuluh pertanian terhadap perubahan pola pikir petani di Desa Purwajaya dinilai sangat efektif dan berhasil menambah pengetahuan untuk petani yang semula tidak tahu menjadi tahu, penyuluhan juga berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan petani yang awalnya tidak mampu menjadi mampu, sehingga petani memiliki sifat responsive terhadap hal-hal yang baru sehingga memudahkan petani dalam menerima inovasi dalam berusaha tani.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Intervensi Komunikasi Penyuluh Pertanian Terhadap Perubahan Pola Pikir Petani di Desa Purwajaya Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara
Pengarang ANDI SYAHRUL WAHYUDI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AND i 2021
Subyek Intervensi, Penyuluh Pertanian, Pola Pikir
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua