Pengaruh Metode Guided note taking dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Laju Reaksi
Astina Ulfah, 2021. Pengaruh Metode Guided note taking dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Laju Reaksi. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Nurhadi, M.Si. selaku pembimbing I dan Dr. H. Usman, M.Si. selaku pembimbing II. Metode pembelajaran Guided note taking (GNT) dalam model pembelajaran CORE merupakan kombinasi metode dan model pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dengan mengkontrusksi dan mengembangkan pengetahuan yang dipadukan dengan mengisi konsep-konsep dan kata kunci dalam bagian kosong dalam sebuah bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode GNT dalam model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Samarinda dengan metode pre-eksperimental jenis static group comparison. Metode ini menggunakan dua kelompok belajar dimana kelas XI MIPA 1 adalah kelas eksperimen yang menggunakan Metode GNT dalam model pembelajaran CORE sedangkan kelas XI MIPA 2 adalah kelas kontrol yang menggunakan Model Pembelajaran CORE. Data penelitian ini berupa dokumentasi, nilai post test, ulangan harian dan data observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai akhir belajar kelas dengan metode GNT dalam model pembelajaran CORE lebih baik daripada kelas dengan model pembelajaran CORE. Setelah dianalisis uji t dengan taraf signifikan 5 % diperoleh hasil bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode GNT dalam model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 17 Samarinda pada materi laju reaksi.
Kata Kunci:,
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Metode Guided note taking dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Laju Reaksi |
---|---|
Pengarang | ASTINA ULFAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AST p 2021 |
Subyek | Metode Guided note taking, Model CORE Hasil Belajar Siswa, Laju Reaksi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY