Detail Cantuman Kembali
INDAH MILDAWATY - Personal Name

Identifikasi Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas II Sekolah Dasar Subtema Hidup Bersih dan Sehat Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Indah Mildawaty, 2021. Identifikasi Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas II Sekolah Dasar Subtema Hidup Bersih dan Sehat Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pembimbing I Prof. Dr. H. Muhammad Siddik, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. H. Ahmad Ridhani, M.Pd.
Kata Kunci : Kesesuaian Isi, Buku Teks, Tematik
Buku teks sebagai bahan ajar utama merupakan salah satu komponen yang diperlukan agar penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Karena keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks maka diperlukan Identifikasi buku teks kurikulum 2013, agar dapat menghasilkan buku yang lebih sesuai. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian isi buku teks siswa kelas II SD subtema hidup bersih dan sehat terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan.
Jenis penelitian ini adalah identifikasi dokumen (documentary identification) atau identifikasi isi (content identification) dengan pendekatan Kualitatif. Teknik Teknik identifikasi data yang digunakan adalah dengan mendeskripsikan keadaan isi/materi, serta memberi skor (teknik skoring) pada setiap pembelajaran sesuai dengan kriteria.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi pada buku teks siswa kelas II Subtema Hidup Bersih dan Sehat terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menghasilkan persentase kesesuaian sebagai berikut: (1) dimensi spiritual sebesar 64,59% dengan kategori sesuai. presentase tiap butir sebagai berikut : pada butir yang mengandung unsur spiritual menghasilkan presentase sebesar 29,17%, pada butir bebas unsur sara, pornografi dan bias menghasilkan presentase sebesar 100% pada kategori. (2) dimensi sosial sebesar 100% dengan kategori sangat sesuai, pada setiap pembelajaran mendapatkan skor 4 karena memuat aspek sosial, sikap positif dan karakter, serta kerukunan hidup bersama. (3) dimensi pengetahuan sebesar 86,67% dengan kategori sangat sesuai. Presentase tiap butir sebagai berikut : pada butir kedalaman materi menghasilkan presentase sebesar 70,84%, butir keakuratan fakta/lambang/simbol menghasilkan presentase sebesar 100%, butir keakuratan prinsip menghasilkan presentase sebesar 87,5%, dan pada butir keakuratan prosedur menghasilkan prsentase sebesar 75% . (4) dimensi keterampilan sebesar 74,48% dengan kategori sesuai. Presentase tiap butir sebagai berikut : pada butir penalaran menghasilkan presentase sebesar 91,67%, butir pemecahan masalah sebesar 62,5%, butir keterkaitan menghasilkan 100%, butir kemenarikan materi 95,83% dan butir mendorong untuk informasi menghasilkn presentase sebesar 41,67%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Identifikasi Kesesuaian Isi Buku Teks Siswa Kelas II Sekolah Dasar Subtema Hidup Bersih dan Sehat Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Pengarang INDAH MILDAWATY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND i 2021
Subyek Kesesuaian Isi, Buku Teks, Tematik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua