Detail Cantuman Kembali
DEVIA TANIA - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab Tema 4 Subtema 1 Menggunakan Model NHT Siswa Kelas V SDN 016 Muara Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022

DEVIA TANIA, 2022. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab Tema 4 Subtema 1 Menggunakan Model NHT Siswa Kelas V SDN 016 Muara Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022, Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Warsinah, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. La Djangka, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata kunci : Hasil Belajar PPKn, Model Numbered Head Together (NHT)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar yang di peroleh siswa pada muatan pelajaran PPKn materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan hasil belajar PPKn Materi Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab Tema 4 Subtema 1 menggunakan model NHT siswa kelas V SDN 016 Muara Jawa? Maka tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PPKn Materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab Tema 4 Subtema 1 menggunakan model NHT siswa kelas V SDN 016 Muara Jawa.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 016 Muara Jawa dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VA yang berjumlah 20 siswa dan objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar PPKn Materi Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab tema 4 subtema 1 menggunakan model NHT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi atau pengamatan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan nilai rata-rata, persentase, dan grafik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab tema 4 subtema 1 menggunakan model Numbered Head Together (NHT) siswa kelas V SDN 016 Muara Jawa meningkat. Peningkatan tersebut terbukti dari data hasil belajar siswa siklus I dan siklus II. Pada siklus I menunjukan peningkatan nilai rata-rata dari 59,25 (nilai dasar) menjadi 71,7 dengan peningkatan hasil belajar 10% dengan predikat kurang. Peningkatan rata-rata pada siklus II adalah 83,63 dari sebelumnya 71,7 pada siklus I. Peningkatan yang diukur dari nilai dasar menghasilkan peningkatan hasil belajar pada siklus II adalah 45% dengan predikat baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab Tema 4 Subtema 1 Menggunakan Model NHT Siswa Kelas V SDN 016 Muara Jawa Tahun Pembelajaran 2021/2022
Pengarang DEVIA TANIA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DEV p 2021
Subyek Model Numbered Head Together (NHT)
Hasil Belajar PPKn
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua