Detail Cantuman Kembali
Putri Indah Pratiwi - Personal Name

Tingkat Adopsi Petani Terhadap Implementasi Teknologi Sistem Tanam Jajar Legowo di Kelurahan Tani Aman Kecamatan Loa Janan Ilir

Teknologi sistem tanam jajar legowo adalah salah satu teknologi penanaman padi sawah dengan menetukan jarak tanam antar barisan tanaman yang menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan produksi padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan dan tingkat adopsi petani terhadap implementasi teknologi sistem tanam jajar legowo.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2021 di Kelurahan Tani Aman kecamatan Loa Janan Ilir, menggunakan metode penelitian survei dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif menggunakan pengukuran skala likert.
Hasil penelitian menunjukkan tahapan adopsi memerlukan waktu yang lama, yaitu tahap kesadaran (80%), tahap minat (48,58%), tahap penilaian (54,28%), tahap mencoba (68,58%), tahap menerima/menerapkan (88,58%). Tingkat adopsi teknologi sistem tanam jajar legowo di Kelurahan Tani Aman Kecamatan Loa Janan Ilir adalah 14,29% pada kategori rendah, 54,29% pada kategori sedang, dan 31,42% pada kategori tinggi.
Keberhasilan adopsi teknologi sistem tanam jajar legowo di Kelurahan Tani Aman Kecamatan Loa Janan Ilir tergantung pada kemauan petani untuk mengadopsi inovasi baru dan intensitas penyuluhan petugas mengenai teknolohi sistem tanam jajar legowo kepada petani.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Tingkat Adopsi Petani Terhadap Implementasi Teknologi Sistem Tanam Jajar Legowo di Kelurahan Tani Aman Kecamatan Loa Janan Ilir
Pengarang Putri Indah Pratiwi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUT t 2021
Subyek Tahap Adopsi, Tingkat Adopsi Sistem Tanam Jajar Le
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua