Detail Cantuman Kembali
Dewi Nur Fitriani - Personal Name

Gambaran Tindakan Keperawatan Range Of Motion (ROM) Pada Pasien Stroke Non Hemoragik Dengan Masalah Gangguan Mobilitas Fisik

Kata Kunci : Stroke non hemoragik, Tindakan Keperawatan, ROM, Terapi, Mobilitas fisik.
Latar belakang : Stroke merupakan suatu manifestasi penyakit sistemik pada usia lanjut berupa gangguan peredaran darah ke otak yang menyebabkan defisit neurologic, perlu dilakukan intervensi atau rencana tindakan keperawatan yang tepat seperti teknik latihan penguatan sendi/Range Of Motion (ROM)
Tujuan : Mengidentifikasi artikel penelitian tentang durasi pemberian dan efek sebelum dan sesudah diberikan tindakan keperawatan ROM terhadap kekuatan otot, keseimbangan berjalan dan rentang sendi pada pasien stroke non hemoragik dengan masalah gangguan mobilitas fisik.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur review dengan mencari artikel melalui google scholar.
Hasil penelitian : Hasil literature review pada 4 artikel penelitian tindakan keperawatan ROM pada stroke, ada pengaruh sebelum dan sesudah diberikan tindakan ROM pada stroke dengan peningkatan kekuatan otot, keseimbangan berjalan dan rentang gerak sendi.
Kesimpulan : Hasil pada 4 artikel penelitian tindakan keperawatan ROM pada stroke terkait waktu pemberian tindakan ROM dengan durasi pemberian yang berbeda-beda dan ada pengaruh sebelum dan sesudah diberikan tindakan ROM pada stroke.
Saran : Bagi penderita stroke dapat sebagai acuan infomasi dalam penyembuhan penyakit stroke. Bagi perawat perlu menerapkan tindakan ROM di rumah sakit secara rutin pada pasien stroke maupun pasca stroke untuk mengurangi masalah kelumpuhan yang parah.

Kepustakaan : 31 (2014-2021)

Keterangan :
(1) Mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan Universitas Mulawarman
(2) Dosen Program Studi D3 Keperawatan Universitas Mulawarman

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Gambaran Tindakan Keperawatan Range Of Motion (ROM) Pada Pasien Stroke Non Hemoragik Dengan Masalah Gangguan Mobilitas Fisik
Pengarang Dewi Nur Fitriani - Personal Name
No. Panggil Jurnal Karya Tulis Ilmiah DEW g 2021
Subyek Stroke Iskemik
Tindakan keperawatan
Range of motion
terapi
mobilitas fisik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D3 Keperawatan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua