Detail Cantuman Kembali
ISMI FEBRIA NUR - Personal Name

KONTRIBUSI TRANSMIGRAN DALAM PEMBANGUNAN DESA DI LOA DURI ILIR KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK
Ismi Febria Nur (2014). Kontribusi Transmigran Dalam Pembangunan Desa Di Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana kontribusi yang sudah diberikan para transmigran untuk pembangunan desa yang ada di desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.
Pada penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan atau melukiskan realitas sosial yang kompleks yang ada di masyarakat. Dengan menggunakan metode Purposive Sampling, maka yang menjadi sumber data yang menjadi key informan pada penelitian kali ini yaitu Kepala Desa Loa Duri Ilir. Sedangkan dengan menggunakan metode Snowball Sampling yang menjadi key informannya yaitu Transmigran, Tokoh Masyarakat dan masyarakat lokal desa Loa Duri Ilir.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis, maka di peroleh kesimpulan bahwa kedatangan para transmigran di Desa Loa Duri Ilir tentunya sangat mempengaruhi hubungan hubungan sosial yang terjadi, wilayah ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan perekonomian dan pertaniandi Desa Loa Duri Ilir.Sebagai komponen dalam pembangunan dan penopang seluruh kehidupan masyarakat, perekonomian maupun sektor pertanian sering dihadapkan pada berbagai permasalahan, meski demikian berbagai upaya telah dilakukan guna mengatasi permasalahan yang muncul. Permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perdesaan dapat dimasukkan ke dalam beberapa permasalahan utama yaitu masih kurang berkembangnya kehidupan masyarakat perdesaan karena terbatasnya akses masyarakat perdesaan, dan masih kurangnya keterkaitan antara kegiatan ekonomi perkotaan dan perdesaan yang mengakibatkan makin meningkatnya kesenjangan ekonomi dan kesenjangan pelayanan infrastruktur antarwilayah. Permasalahanpermasalahan dalam sektor pertanian antara lain :
Penguasaan dan akses teknologi pertanian lemah, Infrastruktur pertanian terbatas dan terabaikan, Kelembagaan pertanian belum berfungsi secara maksimal, Nilai tambah dan harga produk pertanian rendah, Ketersediaan sumber daya manusia pengelola pertanian terbatas, Tingginya harga sarana produksi pertanian, Perubahan iklim yang tajam, Lemahnya akses permodalan serta Ketersediaan dan pemanfaatan lahan pertanian belum optimal.
Untuk melakukan usaha perbaikan ekonomi masyarakat, pemerintah perlu secara rinci fokus kepada program yang jelas berkenaan dengan pertumbuhan ekonomi dan perbaikan status sosial masyarakat perdesaan di daerahnya. Jadi dimasa mendatang, sasaran pembangunan pemerintah daerah pada wilayah pedesaan hendaknya difokuskan pada tiga determinan pokok, yaitu pertumbuhan ekonomi, peningkatan kualitas pendidikan dan status kesehatan.
Kata Kunci : Kontribusi, Transmigran, Pembangunan, Desa

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KONTRIBUSI TRANSMIGRAN DALAM PEMBANGUNAN DESA DI LOA DURI ILIR KECAMATAN LOA JANAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang ISMI FEBRIA NUR - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua