Detail Cantuman Kembali
KHUSNUL KHOTIMAH - Personal Name

Analisis Penjualan Produk Sayur dan Buah Hidroponik di Masa Pandemi Covid-19 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda (Studi Kasus : Sayuryuk.Com)

Pandemi Covid-19 adalah wabah yang menyerang tidak hanya di Indonesia tetapi juga seluruh negara di dunia. Adanya pandemi mengakibatkan dampak pada semua sektor, salah satunya sektor pertanian. Pola hidup sehat yang kini banyak diterapkan menjadikan konsumsi akan produk-produk hidroponik meningkat. Adanya pandemi mempengaruhi tingkat penjualan dari produk-produk hidroponik. Sayuryuk.Com adalah salah satu usaha yang menyediakan produk-produk hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan penjualan dan mengidentifikasi dampak Covid-19 terhadap Sayuryuk.Com dalam aspek penjualannya.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga Agustus 2021. Pengambilan sampel dengan metode Purposive Sampling dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi kasus. Data dianalisis menggunakan Analisis Trend dengan metode Least Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan secara umum mengalami peningkatan setiap bulannya. Bahkan terjadi kenaikan tajam yang terjadi di bulan Juli hingga 89,79% dan Agustus mengalami kenaikan sebesar 5,51% dari bulan Juli. Adapun penurunan di beberapa bulan dikarenakan titik jenuh konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Selain itu kurangnya perhatian terhadap konsumen lama mengakibatkan berkurangnya tingkat loyalitas konsumen dalam melakukan pembelian. Dampak yang dirasakan pada aspek penjualan yaitu: a) Produk, butuhnya biaya dan waktu tambahan dalam perolehan bahan kemasan, b) Harga, pandemi Covid-19 tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap harga produk hidroponik sehingga harga yang ditawarkan masih tetap sama, c) Promosi, dilakukan di masa pandemi dengan semakin gencar, ditambah dengan semakin banyaknya kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya bank untuk mempermudah metode pembayaran, d) Kualitas produk, kualitas semakin meningkat dengan melakukan proses pengemasan yang baik sehingga tingkat konsumsi mencapai 100%, e) Saluran distribusi, untuk mendistribusikan produk ke konsumen dilakukan penambahan satu orang kurir, f) Jumlah permintaan mngalami kenaikan, hal ini disebabkan karena meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi dengan mengkonsumsi sayur terutama hidroponik, g) Konsumen, semakin meningkatnya konsumen-konsumen baru selama masa pandemi.
Berdasarkan grafik trend penjualan, garis trend menunjukkan trend positif karena garis dimulai dari kiri bawah ke kanan atas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pandemi Covid-19 berdampak positif terhadap hasil penjualan usaha Sayuryuk.Com.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Penjualan Produk Sayur dan Buah Hidroponik di Masa Pandemi Covid-19 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda (Studi Kasus : Sayuryuk.Com)
Pengarang KHUSNUL KHOTIMAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KHU a 2021
Subyek Hidroponik, Penjualan, Dampak Covid-19
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua