Detail Cantuman Kembali
JUMIATI - Personal Name

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI INTERNAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 31 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016

ABSTRAK

JUMIATI. 2015. Skripsi ini berjudul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Internal Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 31 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016”. Dalam penulisan ini dibimbing oleh Drs. Nanang Rijono, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. H. Kaspul AM, M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi internal siswa kelas VIII. Serta untuk mengetahui strategi – strategi apa saja yang digunakan oleh guru bidang studi IPS kelas VIII dan apakah strategi yang digunakan sudah tepat dengan kondisi siswa dikelas.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPS kelas VIII di SMP Negeri 31 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (rekaman video), wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi internal siswa. Ada beberapa strategi yang digunakan guru antara lain : strategi guru memberikan tugas kepada siswa memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan motivasi internal siswa yaitu untuk mengetahui
seberapa paham siswa terhadap materi yang diajarkan, strategi guru menciptakan suasana yang menyenangkan berperan sangat penting dalam proses pembelajaran karena siswa akan lebih nyaman dalam
mengikuti pelajaran dengan keadaan suasana kelas yang nyaman
membuat siswa tidak bosan untuk belajar, strategi guru melibatkan siswa secara aktif sangat berpengaruh pada proses perkembangan berfikir, emosi dan sosial. Keterlibatan siswa dalam belajar membuat siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan mengambil keputusan, strategi guru memberikan pertanyaan kepada siswa dapat mengembangkan daya pikir siswa dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diajukan oleh gurunya. Strategi ini juga dapat memberikan penguatan kepada siswa, dan strategi guru menghargai setiap pertanyaan yang diajukan siswa strategi ini berperan sangat penting karena dapat membantu siswa lebih percaya diri untuk bertanya dan tidak merasa takut atau minder kepada gurunya karena gurunya selalu menghargai setiap pertanyaan yang mereka ajukan sehingga mereka akan termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Dari hasil wawancara juga menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi yang bervariasi ini siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan dengan strategi ini pula siswa merasa nyaman dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa siswa akan senang dalam belajar jika gurunya kreatif dalam memilih strategi pada saat proses belajar mengajar dikelas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI INTERNAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 31 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang JUMIATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua