Detail Cantuman Kembali
TEDDY REVALDY - Personal Name

Karakteristik Fisikokimia Tepung Cangkang Keong Susuh Kura (Sulcospira testudinaria) Dari Perairan Kutai Barat.

TEDDY REVALDY, 2022. Karakteristik Fisikokimia Tepung Cangkang Keong Susuh Kura (Sulcospira testudinaria) Dari Perairan Kutai Barat. (Dibimbing oleh Indrati Kusumaningrum dan Andi Mismawati)
Sulcospira testudinaria atau bisa dikenal dengan Susuh Kura adalah salah satu jenis keong air tawar yang umumnya ditemukan di area persawahan stasiun satu yaitu irigasi dan area daerah aliran sungai (DAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik, rendemen dan fisikokimia tepung cangkang keong S. testudinaria. Penelitian ini mengunakan perhitungan uji t disajikan dalam nilai rata-rata dan standar devisiasi serta dalam format tabel dan histogram. Analisis fisik keong S. testudinaria, rendemen, proksimat (kadar air, kadar abu dan protein) dan mineral (kalsium dan fosfor). Hasil menunjukan nilai proporsi keong S. testudinaria dalam 1000 g adalah daging P1 109g dan P2 104 g, jeroan P1 182 g dan P2 183 g, cangkang P1 581 g dan P2 575 g. Nilai rendemen tepung cangkang yang menggunakan perlakuan akuades 75,22% dan NaOH 1 N 76,35%. Nilai proksimat meliputi kadar air, abu dan protein yang menggunakan perlakuan akuades dan NaOH 1 N yaitu kadar air 0,69% dan 0,89%, kadar abu 96,18% dan 96,38%, Protein 1,52% dan 1,11%. Nilai mineral kalsium pada perlakuan akuades dan NaOH 1N adalah 38,43% dan 37,86%. Nilai kadar fosfor pada perlakuan akuades dan NaOH 1N adalah 0,08 dan 0,09.

Kata Kunci : Keong S.testudianria, cangkang Keong S. testudinaria, tepung cangkang, karakteristik fisikokimia, proporsi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Karakteristik Fisikokimia Tepung Cangkang Keong Susuh Kura (Sulcospira testudinaria) Dari Perairan Kutai Barat.
Pengarang TEDDY REVALDY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TED k 2022
Subyek Keong S.testudianria,
cangkang Keong S. testudinaria,
tepung cangkang,
karakteristik fisikokimia, proporsi.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua