Analisis Tingkat Literasi Iklim Siswa Sekolah Menengah Atas di Kalimantan Timur
Isu perubahan iklim menjadi topik yang mendapat banyak perhatian dalam beberapa dekade terakhir yang menimbulkan masalah bagi kelangsungan hidup di Bumi dan saat ini menjadi ancaman sangat nyata dengan dampak yang mulai dirasakan. Pembelajaran dengan tujuan agar siswa memiliki keterampilan abad 21 yang salah satunya adalah kemampuan literasi iklim yang bertujuan agar siswa dapat memahami serta berkontribusi terhadap perubahan iklim dan keberlangsungan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi iklim siswa berdasarkan aspek pengetahuan dasar, sikap, dan perilaku sekolah menengah atas di Kalimantan Timur terkait perubahan iklim. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner skala Guttman (benar-salah) untuk pengetahuan dasar sebanyak 15 butir pertanyaan dan skala likert untuk sikap 10 butir pernyataan serta perilaku 10 butir pernyataan. Survei dilakukan terhadap 240 siswa kelas XII dari delapan sekolah yang berbeda di Kalimantan Timur menggunakan metode stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas tingkat literasi iklim siswa pada aspek pengetahuan dasar terkait perubahan iklim berada pada kategori cukup, dengan nilai sebesar 78,11. Pada tingkat literasi iklim siswa pada aspek sikap terkait perubahan iklim berada pada kategori tinggi dengan bobot rata-rata 3,09. Dan tingkat literasi iklim siswa pada aspek perilaku terkait perubahan iklim berada pada kategori tinggi dengan bobot rata – rata 3,59.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Tingkat Literasi Iklim Siswa Sekolah Menengah Atas di Kalimantan Timur |
---|---|
Pengarang | TYAS RENANDA NURTASYA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TYA a 2021 |
Subyek | Literasi Iklim, Pengetahuan Dasar, Sikap, Perilaku |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY