Pengembangan Media Pembelajaran Articlate Storyline 3 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kelas VII Di SMP Negeri 41 Samarinda
Ilman Ramadhan, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Articlate Storyline 3 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kelas VII Di SMP Negeri 41 Samarinda. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. PM Labulan, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dewi Rosita, M.Kom selaku Pembimbing II.
Media pembelajaran harus dikemas semenarik mungkin agar siswa bisa berlamalama mempelajari suatu materi. Salah satu media pembelajaran yang sering dipakai untuk mengatasi masalah rendahnya minat siswa dalam membawa buku ke sekolah adalah pegembangan media berupa buku saku. Buku saku dinilai memudahkan siswa untuk belajar namun buku saku konvensional memiliki kelemahan yaitu mudah hilang dan masih menggunakan kertas. Kurang variatifnya media yang dibagikan bukan semata-mata kesalahan guru, namun karena kurang mengoptimalkan perkembangan teknologi. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline 3.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VII di SMP Negeri 41 Samarinda, 2) Kelayakan uji coba produk menurut ahli media dan ahli materi terhadap pengembangan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline 3 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas VII di SMP Negeri 41 Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan angket. Teknil analisis data yang digunakan yaitu analisi deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Subjek peneltitian yang terlibat adalah 3 dosen ahli media, 1 guru SMP Negeri 41 Samarinda, dan 30 siswa, sedangkan objek yang diteliti adalah kelayakan pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Uji kelayakan dapat dilihat perolehan hasil angket pengujian yang diberikan kepada 3 ahli validasi media didapatkan nilai sebesar 61 kategori layak, untuk perolehan hasil angket pengujian program diberikan kepada 1 ahli validasi materi didapatkan nilai sebesar 56 kategori sangat layak, dan untuk perolehan hasil angket pengujian program yang diberikan kepada 30 siswa didapatkan nilai sebesar 79,1 kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran articulate storyline 3 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kelas VII di SMP Negeri 41 Samarinda dinyatakan sangat layak digunakan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Media Pembelajaran Articlate Storyline 3 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Kelas VII Di SMP Negeri 41 Samarinda |
---|---|
Pengarang | ILMAN RAMADHAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ILM p 2021 |
Subyek | Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA konsentrasi PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY