Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Schoology Dengan Media Pembelajaran Multi-Platfrom Pada Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda Rahun Ajaran 2020/2021
Deby Natalia, 2020. Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Schoology Dengan Media Pembelajaran Multi-Platfrom Pada Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda Rahun Ajaran 2020/2021. Hasil Penelitian dibimbing oleh Bapak Dr. H. Zainuddin Untu, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Eko Subastian, S.Kom, M.Kom Selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan media pembelajaran schoology dengan media pembelajaran multiplatform pada pelarajan Simulasi dan Komunikasi digital.
Metode Penelitian yang diguakan adalah dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas X mesin dan X Ab SMK 2 Samarinda. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan kemampuan awal siswa sebelum diberikan treartment.
Bersadasarkan permasalahan, tujuan penelitian , analisis dan hasil pembahasan yang dipaparkan, maka hasil analisis uji gain pada siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Schoology adalah pada kategori sedang dengan nilai gain ternormalisasi 0.48 dan hasil uji gain pada siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Multi-platform (Whatsapp dan Zoom meeting) adalah pada kategori sedang dengan niali gain ternormalisai 0.34. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran schoology dan media pembelajaran Multi-platfrom adalah sama dibuktikan dengan hasil analisis uji gain yang masuk dalam kategori yang sama dengan nilai yang tidak terpaut jauh.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran Schoology Dengan Media Pembelajaran Multi-Platfrom Pada Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda Rahun Ajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | DEBY NATALIA CORNELIUS - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEB p 2021 |
Subyek | media pembelajaran E-Learning konvensional, hasil belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA konsentrasi PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY