Detail Cantuman Kembali
MISNA - Personal Name

Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 5 Balikpapan.

Misna, 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 5 Balikpapan. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Penelitian ini dibimbing oleh Dydik Kurniawan, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Andi Wahyu Irawan, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring di masa pendemi covid-19 terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Balikpapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Balikpapan yang berjumlah 310 peserta didik dengan banyak sampel sebesar 174 responden yang diambil menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket psikologi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk uji prasyaratnya yaitu: uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-smirnov, memperoleh nilai sig sebesar 0,200 yang dimana Ha diterima dan Ho ditolak artinya bahwa data yang digunakan pada penelitian ini telah berdistribusi normal. Sedangkan, uji linearitas untuk melihat sig devination from linearity, memperoleh nilai sig sebesar 0,263 artinya Ha diterima dan Ho ditolak sehinngga terdapat hubungan yang linear secara signifikansi. Lalu selanjutnya uji homogenitas dengan perolehan nilai sig sebesar 0,000 yang artinya Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga data yang ada pada penelitian ini tidak homogen, dan uji hipotetis yaitu uji regresi linear sederhana dengan hasil nilai sig sebesar 0,000 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh antara variabel pembelajaran daring terhadap variabel motivasi belajar. Dibuktikan dengan melihat hasil uji yang dilakukan bahwa nilai thitung > ttabel atau 9,829 > 1,653 yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Balikpapan. Dari hasil ini disarankan untuk dapat meningkatkan penguasaan dan keahlian dalam menggunakan teknologi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 5 Balikpapan.
Pengarang MISNA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIS p 2021
Subyek motivasi belajar, pembelajaran daring
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan BIMBINGAN DAN KONSELING
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua