ANALISIS BRAND COMMUNICATION BAND INDIE PREMATURIAL
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Brand Communication yang digunanakan oleh band indie Prematurial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori Brand Communication dengan fokus The Three C’s (Clarity, Consistency, Constancy) dimana teori ini mendefinisikan brand communication adalah kemampuan komunikasi suatu merek yang memberikan hasil yang positif kepada pemilih sehingga akan menimbulkan kepercayaan terhadap suatu merek. Dengan memahami The Three Cs of Branding , memungkinkan untuk lebih mudah mengukur efektivitas rencana Personal Brand Communication dan mengimplementasikannya dengan sukses (Arruda-2009). Narasumber pada penelitian ini terbagi 2 yaitu, Key Informan yang terdiri dari para personil band Prematurial sebanyak 4 (empat) orang dan Informan yang merupakan pendengar karya ataupun follower social media dari band Prematurial . Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berdasarkan fokus yang diambil yaitu The Three C’s (Clarity, Consistency, Constancy) antara lain Clarity (Kejelasan) dimana band Prematurial menggunakan unsur kebudayaan daerah khas Kalimantan Timur dalam Brand Image yang ditampilkan oleh band Prematurial. Kemudian dalam fokus Consistency (Konsisten), band Prematurial konsisten mengususng band bergenre Deathmetal ditengah minoritas penikmat music Deathmetal, akan tetapi band Prematurial menegaskan selanjutnya pada fokus Constancy, band Prematurial memperhatikan setiap unggahan pada media sosialnya, salah satunya adalah instagram yang merupakan platform digitan yang paling banyak interaksinya. Dari hasil penelitian, band Prematurial mulai memfokuskan dan memperhatikan postingan-postingan yang akan diunggah.
Kata Kunci : Analisis, Brand Communication, Band Indie, Prematurial.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS BRAND COMMUNICATION BAND INDIE PREMATURIAL |
---|---|
Pengarang | RIZKHA DESTYANNISA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIZ a 2021 |
Subyek | Analisis, Brand Communication, Band Indie, Prematu |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY