Detail Cantuman Kembali

Efektivitas Cairan Pencuci Herbal terhadap Tingkat Malodor pada Pasien Luka Diabetik

Latar belakang : Diabetes Melitus dapat menyebabkan komplikasi, salah satunya adalah luka kaki diabetik. Luka diabetik bisa menyebabkan kerusakan integritas kulit sampai dengan jaringan, masalah yang sering terjadi pada penderita dan berdampak pada orang sekitarnya adalah bau pada salah satu studi menunjukkan bahwa cairan yang paling baik untuk digunakan dalam pencucian luka adalah jenis cairan yang non toksik atau fisiologis salah satunya ada herbal.
Tujuan : Mengetahui efektivitas bahan herbal sebagai pencuci luka terhadap pengontrolan odour ( bau ) pada pasien dengan luka diabetik.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur review dengaan mencari artikel melalui google scoolar antara tahun 2010-2021.
Hasil : Berdasarkan hasil penelitian ketiga artikel menunjukkan bahwa terdapat pengaruh herbal (rebusan daun jambu biji, rebusan daun sirih, ekstrak daun sambilo) terhadap penurunan bau pada luka diabetik.
Kesimpulan : Pencucian luka menggunakan herbal (rebusan daun jambu biji, rebusan daun sirih merah, dan ekstrak daun sambiloto) signifikan dalam menurunkan odour (bau) pada pasien luka diabetik hal ini dalan dilihat rata-rata penurunan odour (bau) sebelum dan sesudah pencucian luka menggunakan herbal (rebusan daun jambu biji, rebusan daun sirih merah, dan ekstrak daun sambiloto).
Kata Kunci : daun jambu biji, daun sirih merah, daun sambiloto, luka diabetik, tingkat malodor, pencuci luka, Piper crocatum, Psidium guajava, Andrographis Paniculata, bau luka, odour, malodor, red betel, guava, wound wash, diabetic wound.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Cairan Pencuci Herbal terhadap Tingkat Malodor pada Pasien Luka Diabetik
Pengarang Vemya Agustiara Nursaini Putri - Personal Name
No. Panggil Jurnal Karya Tulis Ilmiah VEM e 2021
Subyek Luka diabetik, Malodor, Cairan Pencuci Herbal
daun jambu biji, daun sirih merah, daun sambiloto
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D3 Keperawatan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua