Asesmen Formatif Terintegrasi Dalam Pembelajaran Model 5e Berbasis Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA Negeri 11 Samarinda (Materi Impuls Dan Momentum)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan asesmen formatif terintegrasi dalam pembelajaran model 5e berbasis online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 11 Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa kelas X MIPA 1. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes tertulis berupa pretest dan posttes dalam bentuk essai sebanyak 10 butir soal yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan dan test asesmen formatif yang diberikan pada tiap pertemuan berupa soal essai sebanyak 4 sampai 5 butir soal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa asesmen formatif terintegrasi dalam pembelajaran model learning cycle 5e dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata test formatif selama tiga pertemuan berturut-turut sebesar 89,44; 92,36 dan 94,83 dan perolehan skor N-Gain sebesar 0,60 termasuk dalam kategori sedang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Asesmen Formatif Terintegrasi Dalam Pembelajaran Model 5e Berbasis Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA Negeri 11 Samarinda (Materi Impuls Dan Momentum) |
---|---|
Pengarang | Desiana Donata - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DES a 2021 |
Subyek | asesmen formatif, model 5e pembelajaran hasil belajar pembelajaran berbasis online |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY