Detail Cantuman Kembali
AMRILIA SAWITRI - Personal Name

KOMUNIKASI PERSUASIF ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA ANAK PENDERITA KANKER (Studi Pada Komunitas Support Kanker Samarinda)

Amrilia Sawitri, Komunikasi Persuasif Antara Orang Tua dan Anak Dalam Meningkatkan Self-Esteem Pada Anak Penderita Kanker (Studi Pada Komunitas Support Kanker Samarinda). Dibawah bimbingan Ibu Dr. Silviana Purwanti, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Annisa Wahyuni Arsyad,S.IP.,M.M selaku dosen pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui Komunikasi Persuasif Antara Orang Tua dan Anak Dalam Meningkatkan Self-Esteem Pada Anak Penderita Kanker (Studi Pada Komunitas Support Kanker Samarinda). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai segala sesuatu apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian ini di Komunitas Support Kanker Samarinda, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah lima orang yaitu orang tua yang memiliki anak dengan penyakit kanker, serta ketua dan pengurus dari komunitas support kanker samarinda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui indikator inclusion (inklusi) peran orang tua mampu memberikan motivasi secara selektif sehingga anak penderita kanker mau terbuka dan bersahabat terutama ketika bersama orang tua, dengan inclusion (inklusi) pula orang tua dapat meningkatkan self-esteem anak meskipun secara tidak langsung. Indikator control (kontrol), pada indikator control (kontrol) upaya orang tua dalam melakukan komunikasi persuasif yang dilakukan untuk meningkatkan kembali self-esteem pada anak sudah dilakukan dengan cukup baik adapun hasil yang di dapat antara lain anak merasa nyaman dan lebih mampu mengutarakan perasaan kepada kedua orang tuanya. Indikator affection (afeksi) upaya orang tua untuk mengembangkan kebutuhan anak sudah cukup baik, dan rata-rata anak mau berbagi cerita, mereka mau berkomunikasi dan menceritakan masalah-masalah yang dihadapi sehingga pendamping dapat melakukan penanganan masalah dan melakukan pengobatan yang tepat bagi anak penderita kanker untuk dapat kembali meningkatkan self-esteemnya.
Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Orang Tua dan Anak, Self-Esteem, Anak Penderita Kanker.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KOMUNIKASI PERSUASIF ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM PADA ANAK PENDERITA KANKER (Studi Pada Komunitas Support Kanker Samarinda)
Pengarang AMRILIA SAWITRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AMR k 2021
Subyek Komunikasi Persuasif, Orang Tua dan Anak, Self-Est
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua