Detail Cantuman Kembali
Oki Wijaya - Personal Name

STUDI KEANEKARAGAMAN IKAN INDIKATOR, MAYOR, TARGET PADA EKOSISTEM TERUMBU KARANG DI PERAIRAN PULAU MIANG KUTAI TIMUR

Oki Wijaya, 2021. Studi Keanekaragaman Ikan Indikator, Mayor, Target Pada Ekosistem Terumbu Karang di Perairan Pulau Miang Kutai Timur (Dibimbing oleh Ristiana Eryati dan Iwan Suyatna)
Ikan karang merupakan hewan yang berasosiasi di ekosistem terumbu karang, mulai dari tempat berkembang biak, tempat mencari makan, tempat berlindung dari serangan predator. Ikan karang merupakan ikan berkelompok yang selalu berhubungan erat dengan lingkungan ekosistem terumbu karang. ikan karang di kelompokkan menjadi 3 kategori yaitu ikan indikator, ikan mayor, dan ikan target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui populasi ikan karang di Pulau Miang Besar, Kutai Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2020, menggunakan 4 stasiun dan pengambilan ikan karang dengan metode UVC (Underwater Visual Census). Hasil penelitian mendapatkan ikan target di temukan 5 famili, 7 spesies dan 6 genus dengan Kelimpahan tertinggi berasal dari famili Lutjanidae 48 individu dan terendah berasal dari famili Haemulidae dengan jumlah 1 individu. Ikan Indikator di temukan 1 famili, 2 genus, dan 5 spesies dengan kelimpahan tertinggi spesies Chaetodon lunulatus 6 individu. Ikan mayor di temukan 4 famili, 22 spesies, dan 10 genus dengan kelimpahan tertinggi famili Pomacentridae dengan jumlah 188 individu dan terendah famili Apogonidae dan famili Holocentridae masing-masing 3 individu.

Kata kunci : Ikan Karang, Keanekaragaman ikan Indikator, Mayor, Target, Pulau Miang Besar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI KEANEKARAGAMAN IKAN INDIKATOR, MAYOR, TARGET PADA EKOSISTEM TERUMBU KARANG DI PERAIRAN PULAU MIANG KUTAI TIMUR
Pengarang Oki Wijaya - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI OKI s 2021
Subyek Ikan Karang,
, Keanekaragaman ikan Indikator,
Mayor,
Target,
, Pulau Miang Besar.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan manajemen sumberdaya perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua