PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 11 SAMARINDA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (MATERI USAHA DAN ENERGI)
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar Fisika siswa di kelas X SMA Negeri 11 Samarinda masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X SMA Negeri 11 Samarinda.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan media video, sedangkan kelompok kontrol melaksanakan pembelajaran seperti biasa dengan menggunakan ceramah dan media power point.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MFISIKA SMA Negeri 11 Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 44 siswa dari X Mipa 1 dan X Mipa 3.Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar fisika.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai post- test kelompok eksperimen sebesar 82,36 lebih tinggi darfisikada rata-rata kelompok kontrol sebesar 76,18. Hasil analisis data menunjukan nilai t hitung 3,473 > t tabel 2,023,artinya ada perbedaan yang signifikan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 11 SAMARINDA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (MATERI USAHA DAN ENERGI) |
---|---|
Pengarang | KHAIRIL ANWAR - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KHA p 2021 |
Subyek | Pembelajaran Daring Video Pembelajaran, Hasil belajar, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY