Detail Cantuman Kembali
ABDUL RIZKY - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Pembelajaran Online Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 002 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2020/202

Abdul Rizky, 2021. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Pembelajaran Online Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 002 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. La Djangka, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. Benyamin Matius, M.Pd sebagai pembimbing II.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Komponen Ekosistem, Model PBL

Penelitian ini dilatar belakangi oleh randahnya hasil belajar dan juga kurangnya minat murid dalam belajar oleh siswa di SDN 002 Sungai Kunjang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA dengan materi komponen ekosistem melalui pembelajaran online menggunakan model project based learning pada siswa kelas V SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan masing- masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SDN 002 Sungai Kunjang yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar IPA tentang komponen ekosistem dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran PBL, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus nilai rata-rata, rumus persentase ketuntasan, dan rumus peningkatan hasilbelajar.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peningkatatan hasil belajar sebesar 52% dari nilai rata-rata 47,12 pada nilai dasar menjadi 71,42 dan persentase ketuntasan sebesar 69% dengan predikat cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 82% dari nilai rata-rata 47,12 pada nilai dasar menjadi 85,67 dan persentase ketuntasan 88% dengan predikat baik. Persentase ketuntasan telah mencapai indikator keberhasilan, sehingga penelitian dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa hasil belajar muatan IPA dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas V SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2020/2021 mengalamipeningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Pembelajaran Online Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 002 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2020/202
Pengarang ABDUL RIZKY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ABD p 2021
Subyek Hasil Belajar, Komponen Ekosistem, Model PBL
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua