Detail Cantuman Kembali
ZULKARNAIN - Personal Name

STUDI TENTANG PENERAPAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) PENGADUAN LAYANAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SAMARINDA

Zulkarnain, NIM. 1302015153. Studi Tentang Penerapan Sandard Operational Procedure (SOP) Pengaduan Layanan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Samarinda, dibawah bimbingan Dosen Dr. Bambang Irawan, M.Si sebagai dosen pembimbing 1 dan Dr. Cathas Teguh Prakoso, M.Si selaku dosen pembimbing 2 Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis penerapan SOP pengaduan layanan di PDAM Kota Samarinda dan faktor penghambat yang dihadapi dalam penerapan SOP pengaduan layanan. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kantor pusat PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. Fokus penelitian dalam penerapan SOP pengaduan layanan di Kantor PDAM Kota Samarinda meliputi: a. Persyaratan pelayanan penanganan pengaduan, b. Sistem, mekanisme, dan prosedur, c. Biaya/tarif, d. Waktu penyelesaian, e. Layanan pemasangan sambungan baru, f. Layanan perbaikan water meter. Narasumber meliputi koordinator Contact Center Kantor PDAM selaku Key Informan, dan Staf di bagian Contact Center PDAM selaku Informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (field Work Research) dengan teknik: observasi, wawancara dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu alat analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan SOP pengaduan pada kantor (PDAM) Kota Samarinda dapat dikatakan sudah terlaksana dengan baik, namun masih saja terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya kendala seperti kurangnya penyaluran air dalam pipa induk, kurangnya SDM di lapangan dan banyaknya tunggakan pelanggan sehingga penyelesaian dalam pengaduan tersebut terkadang tidak tepat waktu dan terhambat.
Kata kunci : SOP, Pengaduan Layanan, PDAM Kota Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG PENERAPAN STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE (SOP) PENGADUAN LAYANAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA SAMARINDA
Pengarang ZULKARNAIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ZUL s 2021
Subyek SOP, Pengaduan Layanan, PDAM Kota Samarinda.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ADMINISTRASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua